Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta Didik
Improvement of Mathematics Learning Outcomes Using Problem-Based Learning Models in Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.757Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan angket. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru, peserta didik, dan pengelolaan pembelajaran..Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada saat proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbaisis masalah pada peserta didik. Hal ini ditunjukan dari data pratindakan sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dimana ketuntasan belajar pra test sebesar 26%, kemudian pada post test I sebesar 52% masih belum mencapai 60%. Maka di lanjutkan pada siklus II dan hasilnya semua peserta didik telah mampu mencapai KKM 6.00, serta ketuntasan belajar post test II sebesar 100%. Berdasarkan data tersebut maka setelah dilakukan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 74% dari nilai awal ketuntasan belajar pra test sebesar 26%.
Downloads
References
Herman Hudojo, (2003).Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika FMIPA UNM
Heruman, (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hollands, (1991).Kamus Matematika. Jakarta: Penerbit Erlangga
Koesmartono, & Rawuh, (2001).Matematika Pendahuluan. Bandung: ITB
Kunandar, ( 2010).Langkah Mudah Peneltian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Margono, (2009).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Misyanto, M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika. Anterior Jurnal, 15(2), 144-150.
Misyanto, M. (2015). Pengaruh Manajemen Kelas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Anterior Jurnal, 14(2), 186-193.
Mohammad Asrori, (2008).Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: CV Wacana Prima
Mustofa Usman, dkk, (2009).Statistik. Bandung: PT Sinar Baru Algesindo
Riduwan, (2009).Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Safithry, E. A. (2015). Peran Bimbingan Dan Konseling Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VII-8 SMPN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Anterior Jurnal, 14(2), 171–179.
Setyawan, D. (2014). Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(1), 51-58.
Sidiq, S.M., Setyawan, D. 2016. PENERAPAN METODE PERMAINAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TUTUP BOTOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II MIS MIFTAHUL HUDA 1 PALANGKARAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1):26-30.
Sugiyono, (2007).Statistik untuk Penelitian. Bandung: PT Alfabeta
Suharsimi Arikunto, (2006).Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto, dkk, (2009).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara
Sulis Sutrisna, (2005). Aku Ingin Menjadi Ahli Matematika. Depok: Kawan Pustaka
Sumardiyono, (2007).Tips dalam Penerapan Pembelajaran Problem Solving.Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Supinah, (2008).Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Berfikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Eksperimen pada Siswa SMP di daerah Istimewa
Yogyakarta.Yogyakarta: Laporan Desertasi
Supinah, & Titik Sutanti, (2010).Pembelajaran Berbasis Masalah di SD. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Tim, (2008).Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Palangkaraya: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Wulan Fitriyani, (2005).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Siswa Kelas IV SD Sekaran 01 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005 Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Semarang: Universitas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.