Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Permainan Balon Pada Peserta Didik Kelas V SDN Tumbang Kaman

Efforts To Increase Mathematics Learning Outcomes By Using Ballon Game Model On Students Of Class V SDN Tumbang Kaman

Authors

  • Franhaister Franhaister SDN TUMBANG KAMAN

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3377

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model Permainan Balon

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model permainan (games) balon (2) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V SDN Tumbang Kaman setelah menggunakan model permainan (games) balon.

Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subyek dari penelitian ini berjumlah 30 orang peserta didik. Teknik analisis data didasarkan pada hasil siklus dari tiap proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) aktivitas peserta didik menggunakan model permainan (games) balon lebih baik dan mengalami peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I peserta didik memperoleh nilai dengan rata – rata 2,6 dengan kategori cukup dan siklus II peserta didik memperoleh nilai dengan rata – rata 3,83 dengan kategori baik, (2) ada peningkatan hasil belajar Matematika melalui penggunaan model permainan (games) balon amanah yang menunjukan dari hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 75 dan ketuntasan secara klasikalnya yaitu 77%, dan siklus II diperoleh rata-rata 89 dan ketuntasan secara klasikal yaitu 97 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Franhaister Franhaister, SDN TUMBANG KAMAN

References

Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Dananjaya Utomo. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung : Nuansa Cendekia.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. (2016). Penulisan karya tulis ilmiah (KTI) penelitian tindakan kelas. Kuala Kapuas : Balai Pustaka, Tim Penulis.
Huda Miftahul. (2014). Model-Model pengajaran dan Pembelajaran. Malang : Pustaka Pelajar
Isnaeni, N.F., (2013) . Penggunaan Media kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Bilangan Romawi Pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Debong Tengah 1 Tegal. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Laily, L.H., (2012). Penggunaan Metode Active Learning “Index Card Match” Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tirto Salam Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Sholekhah Herawati. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Kelas III SD 3 Bantul. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Sugiarto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Palangkaraya : LPTK Rayon 18 Universitas Palangkaraya Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta, CV
Sumadayo Samsu. (2013). Penelitan Tindakan Kelas. Yogyakarta :Graha Ilmu
Suparmin dkk,.2017. Matematika untuk SD/MI Kelas V Buku Guru Seri HOTS. Surakarta : CV. Mediatama.2004.
Suparmin dkk,.2017. Matematika untuk SD/MI Kelas V Buku Siswa Seri HOTS. Surakarta : CV. Mediatama.
Susanto Ahmad.(2012). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.
Ulfa Afrida. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Bilangan Romawi Melalui Metode Permainan Susun Bilangan dan Teka-Teki Silang Siswa Kelas IV SDN Kembaran Candimulyo Magelang. Yogyakaarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Wahyuni Dwi. (2013). Peningkatan Prestasi belajar Kognitif Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Tournaments (TGT) Pada Siswa Kelas IV SDN Pakem 1 Pakem Sleman. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Widyastuti Eny.(2013). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Permainan Tangram Pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas II SD Negeri Dukun 2 Kecamatan Dukun Magelang. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Franhaister, F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Permainan Balon Pada Peserta Didik Kelas V SDN Tumbang Kaman: Efforts To Increase Mathematics Learning Outcomes By Using Ballon Game Model On Students Of Class V SDN Tumbang Kaman. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 38–43. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3377