Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Tema 6 Subtema 1 Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom
Efforts To Improve Learning Outcomes For Theme 6 Subtema 1 Using The Google Classroom Application
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i2.4060Keywords:
Google Classroom, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan Aplikasi Google Classroom pada siswa Kelas IV A SD Negeri 3 Telangkah yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 26 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan : penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus 2. Pada siklus 1 jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 66% atau 27 siswa, meningkat 20% pada siklus 2 menjadi 86% atau 39 peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dapat Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV A SD Negeri 3 Telangkah
Downloads
References
Ayuningsih, Franciska.2020“Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi Dengan Aplikasi Google Classroom Pada Materi Usaha dan Energi.” Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol. 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Darmawan, Yuda.2019 “Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas IX SD Jurusan IPS”
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Gunawan, A., & Riadin, A. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Adobe Photoshop Di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 28-35. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1746
Jailani, M., & Febrilianti, F. (2022). Analisis Efektivitas Pengelolaan Kelas Menggunakan Fitur Breakout Room Pada Aplikasi Zoom Meeting. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 44-52. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3386
Mustakim. 2020 “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Tematik”. Al aSD: Journal of Islamic Education ISSN 2715-2812 (Online) Vol. 2, No. 1, May 2020
S. Permadi, A., & Rahmani, R. (2020). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Google Apps For Education. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 48-52. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1314
Setyawan, D., & Chandra A.P. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2 (96-100).
Suharsimi, Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Banjiriah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.