Penerapan Metode Demonstrasi Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Mengenai Sistem Tata Surya
Application of the Demonstration Method Using Audio Visual Media to Improve Understanding of the Solar System
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i2.2714Keywords:
Alat Peraga Audio Visual, Tata Surya, Metode DemontrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai sistem tata surya pada siswa kelas 6 melalui penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual mengembangkan potensi guru dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual mengetahui bahwa penggunaan alat peraga audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 4 Palangka.
Variabel yang menjadi sasaran pembelajaran dalam pembelajaran ini adalah prestasi belajar IPA siswa SD Negeri 4 Palangka, sedangkan variabel (x) pemanfaatan alat peraga.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaa, pelaksanan tidakan, observasi dan refleksi, sebagai populasi (subjek yang diberi tindakan) siswa kelas VI SD Negeri 4 Palangka yang berjumlah 37 siswa terdiri dari L = 19, P = 18 siswa.
Downloads
References
Arikuntoro, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asep Gunawan dan Agung Riadin. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Adobe Photoshop Di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 5:2(28-35).
Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Djam’an, Satori. (2007). Profesi Keguruan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Ensiklopedi IPTEK/Ensiklopedi Sains untuk Pelajar dan Umum. 2004. Bumi-Ruang dan Waktu. Jakarta: PT. Lentera Abadi.
Gunawan Asep, Chandra Anugrah Putra dan Muhammad Andi Setiawan. 2020. Implementasi Media Pembelajaran Video Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Peserta Didik Kelas X Multimedia Di Smk Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. 13:1(124-127).
Hamalik, Oemar, Drs. (1995). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.
Hera, Lestari, Mikarsa, dkk.(2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Meleong, J.Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad andi & Diplan Setiawan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. Deepublish. 1:67.
Rahadi, Aristo. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Rositawaty. S. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Nasional.
Sadiman, Arief. S, Dr., M.Sc., dkk. (1986). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta : Pustekkom Dikbud dan CV. Rajawali.
Setiawan, Denny, M.Ed., dkk. (2007). Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. (1990). Media Pembelajaran. Bandung : CV. Sinar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.