Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa dengan Menggunakan Media Berbasis Visual Efforts to Improve Learning Outcomes by Using Visual Based Media
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran IPA dengan media berbasis visual, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan media berbasis visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 9 Langkai Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terjadi peningkatan hasil belajar yang lebih baik setelah menggunakan media audio visual, dan (2) peningkatan hasil belajar IPA peserta didik setelah menggunakan media berbasis visual dibuktikan dengan hasil ratarata siklus I yaitu 69,16 dengan persentase ketuntasan klasikal 50%, meningkat menjadi 87,72 dengan persentase ketuntasan klasikal 100% pada siklus II
Downloads
Article Details
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.
References
Djamarah, S,B,. & Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sabri, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching
Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta