Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa dengan Menggunakan Media Berbasis Visual Efforts to Improve Learning Outcomes by Using Visual Based Media

Main Article Content

Supardi Supardi
Nurlatifah Nurlatifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran IPA dengan media berbasis visual, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan media berbasis visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 9 Langkai Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terjadi peningkatan hasil belajar yang lebih baik setelah menggunakan media audio visual, dan (2) peningkatan hasil belajar IPA peserta didik setelah menggunakan media berbasis visual dibuktikan dengan hasil ratarata siklus I yaitu 69,16 dengan persentase ketuntasan klasikal 50%, meningkat menjadi 87,72 dengan persentase ketuntasan klasikal 100% pada siklus II

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Supardi, S., & Nurlatifah, N. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa dengan Menggunakan Media Berbasis Visual: Efforts to Improve Learning Outcomes by Using Visual Based Media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 21–24. https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.766
Section
Articles
Author Biography

Supardi Supardi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Djamarah, S,B,. & Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sabri, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching
Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta