Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Kombinasi Media Grafis Jenis Bagan dan Media Video
Efforts to Improve Science Learning Outcomes Using a Combination of Chart Types and Media Media Video Graphics
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.762Keywords:
hasil belajar IPA dan media grafis jenis bagan dan media videoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPA peserta didik pada penggunaan kombinasi media grafis jenis bagan proses dan media video. (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA peserta didik menggunakan kombinasi media grafis jenis bagan proses dan media video. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 5 Pahandut Palangka Raya. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan kombinasi media grafis jenis bagan proses dan media video, dan (2) ada peningkatan hasil belajar IPA peserta didik setelah menggunakan kombinasi media grafis jenis bagan proses dan media video, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 75,86 dengan kriteria keberhasilan cukup tercapai dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 93,25 dengan kriteria tingkat keberhasilan pembelajaran sangat tercapai.
Downloads
References
Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembanagan Propesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grifindo Persada.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Sadiman, Arief S. dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.