PENGARUH INFOGRAFIS TERHADAP MINAT DAN KREATIVITAS MENDESAIN PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMK NEGERI 1 GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v10i1.7959Keywords:
Kata kunci: Desain Infografis; Minat; Kreativita s.Abstract
Pengaruh Infografis terhadap minat dan
kreativitas mendesain pada mata pelajaran
Kejuruan Desain Komunikasi Visual di SMKN 1 Gorontalo.(di bimbing oleh Dr.
Jemmy Pakaja, S. Kom., M. Kom, dan Hermila A., S.SI., M.Pd). Pada mata pelajaran
Kejuruan Desain Komunikasi Visual kelas XI memiliki tingka t kesulitan tersendiri bagi
siswa, terutama pada pokok bahasan desain Infografis , dan menyebabkan Minat
dan Kreativitas mendesain siswa masih rendah. Tujuan Penelitian ini untuk
mengetahui Pengaruh Media Infografis terhadap Minat Belajar dan Kreativitas siswa
di SMKN 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan
metode penelitian survei. Jumlah sampel yaitu 47 responden. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi sederhana. Hasil uji hipotesis
menunjuka n bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan di penelitian Pengaruh
Media Infografis terhadap Minat Belajar dan Kreativitas siswa di SMKN 1 Gorontalo.
Hasil analisis dengan menggunakan bantuan program SPSS STATISTIC 21 diperoleh
hasil yaitu nilai t h itung 5.179 > t tabel 1,679 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka
dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu variabel Media
Infografis (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Belajar (Y1). Hasil
analisis dengan menggunakan bantuan program SPSS Statistic 21 diperoleh hasil yaitu
nilai t hitung 2.475 > t tabel 1,679 dan nilai signifikansi 0,017 < 0,05 maka dapat
disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu variabel Media
Infografis (X) berpengar uh positif dan signifikan Kreativitas siswa (Y2).
Downloads
References
Ayuni, G. N., & Fitrianah, D. (2019). Penerapan metode Regresi Linear untuk prediksi penjualan properti pada PT XYZ. Jurnal telematika, 14(2), 79-86.
Faizah, L. I., Ma'ruf, A., & Rosyidah, E. F. (2023). Media Pembelajaran Infografis Dalam Membentuk Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di Madrasah Aliyah Raudhatul Banath Di Sidoarjo. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 10(1), 64-73.
Herliyani, E., Suryana, J. (2015). DKV Sebagai Perancangan Media Promosi Jurusan Desain Komunikasi Visual (DIII) Undiksha Berbasis Web. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 10(20). https://doi.org/10.23887/prasi.v10i20.8919
Hindu-Budha di Nusantara Terhadap Minta Belajar Pada Siswa SMAN 1 Bintang Ara Kelas X. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung Mangkurat.
Imanuel, K. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Infografis Timeline Kerajaan Hindu-Budha di Nusantara Terhadap Minta Belajar Pada Siswa SMAN 1 Bintang Ara Kelas X. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung Mangkurat. Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Imanuel, K. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Infografis Timeline Kerajaan
Miftah, M. N., Rizal, E., & Anwar, R. K. (2016). Pola literasi visual infografer dalam pembuatan informasi grafis (infografis). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(1), 87-94.
Selwyn, Neil. 2011. Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif
Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).
Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).
TanuAndhikaNata, R. A. M. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Flat Design Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa: Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X Di SMKN 1 Cimahi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, pp. 176-186). http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21708
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hermila A.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.