Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Model Pembelajaran Guided Discovery
Efforts to Improve Science Learning Outcomes by Applying Guided Discovery Learning Models
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.768Keywords:
model pembelajaran Guided Discovery dan hasil belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan aktivitas belajar IPA peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran Guided Discovery. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas V SDN 7 Selat Hulu Kuala Kapuas. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA peserta didik, dan (2) peningkatan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran Guided Discovery ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 67,70 pada siklus I meningkat menjadi 87,08 pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan dengan nilai 79,2% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II
Downloads
References
Kemmis, stephen dan Robin Mc Taggart. 1998. The action research planner. Victoria: Deakin University
Sanjaya. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Slameto, 2006. Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wisudawati, Asih Widi & Sulistyowati, Eka. 2013. Metodologi Penelitian IPA- Cet. 1–Jakarta : BumiAksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.