Penerapan Model Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips
Implementation Of Image Media Assisted Mind Mapping Model For Improving The Quality Of Ips Learning
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i2.2716Keywords:
Kualitas Pembelajaran IPS, Model Mind Mapping, Media GambarAbstract
IPS adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis, gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan. Hasil observasi dan refleksi diri peneliti dengan guru mitra di kelas IV SDS 2 Kristen Palangka Raya menunjukkan kualitas pembelajaran IPS masih belum maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya optimalisasi model dan media pembelajaran. Berdasarkan hasil ulangan harian IPS dari 10 siswa hanya 4 siswa (40%) yang nilainya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65, sedangkan 6 siswa (60%) nilainya di bawah KKM, diperlukan suatu perbaikan pembelajaran melalui model mind mapping berbantuan media gambar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model mind mapping berbantuan media gambar pada siswa kelas IV SDS 2 Kristen Palangka Raya.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 1 kali pertemuan tiap siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDS 2 Kristen Palangka Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Downloads
References
Anni, Catharina Tri. 2007. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Aqib, Zainal. 2013. Model – model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Aqib, Zaenal dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, SD, SLB, TK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsawati dkk. 2014. Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPS Menggunakan Media Gambar pada Peserta Didik Kelas V SDN 12 Pontianak Timur. Jurnal Vol.3, No. 2
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Yrama Widya.
Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2007. Standar isi mata pelajaran SD/MI. Semarang: UNNES
Djamarah, Saiful Bahri, Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Giyarni. 2014. Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pelajaran PKN. Jurnal Mahasiswa PGSD Vol.3, No. 4 (2015). Universitas Sebelas Maret
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta
Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia.
Hermawan, Hananta Wisnu. 2014. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Alternatif. Jurnal Mahasiswa PGSD Vol. 2, No. 3 (2015). Universitas Sebelas Maret.
Herrhyanto, Hamid. 2008. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka
Hidayati dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.
Huda, Miftahul. 2013. Model – model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu – isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jihad, Asep, Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kasmawati. 2013. Upaya Peningkatan Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Gambar di Kelas IV SD Inpres Banpres Posona. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 1, No. 2. Universitas Tadulako.
Kustandi, Cecep, Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurfaidah. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar di Kelas IV SD Inpres 15 Wara Pantoloan”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.5, No.5. Universitas Tadulako.
Olivia, Femi. 2014. 5 – 7 Menit Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Omid Akbari. 2008. Teaching Vocabulary Items through Contextualization and Picture to Elementary Iranian EFL Students. The Asian EFL Journal Quartely Vol. 10, No. 3 hal 53. University Putra.
Özgül Kele. 2012. Elementary Teachers’ Views on Mind Mapping. International Journal of Education Vol. 4, No. 1. Macrothink Institute.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.