Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Teknik Atm (Amati, Tiru Dan Modifikasi) Di Kelas VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya Improving Thematic Learning Outcomes Through Atm Techniques (Amati, Tiru And Modification) In Grade VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya

Main Article Content

Nazarani Nazarani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran teknik ATM (amati, tiru dan modifikasi) di kelas VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya. (2) untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar tematik dalam pembelajaran menggunakan teknik ATM (amati, tiru dan modifikasi) di kelas VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pada siklus I skor yang diperoleh dari observasi guru adalah 137 sedangkan skor hasil observasi guru pada siklus II adalah 174 dan indikator keberhasilan 80%. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai 93,3 %. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nazarani, N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Teknik Atm (Amati, Tiru Dan Modifikasi) Di Kelas VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya: Improving Thematic Learning Outcomes Through Atm Techniques (Amati, Tiru And Modification) In Grade VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 21–26. https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1052
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Djamarah, Bahri, Syaiful.2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif .Jakarta : PT Rineka Cipta.
Roestiyah,N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Bungin, Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial, Jakarta: Kencana Prenama Media Group.
http://carapedia.com/model_pembelajaran_jigsaw_info587.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 http://infoini.com/2012/pengertian-metode-jigsaw.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 Silberman, Mel. 2010. Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT Indeks.
Muhibin Syah.(2004).Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Purwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suryabrata, Sumardi. 2002. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindi Persada