Restorasi Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Multi Media Interaktif Pada Mata Kuliah Praktikum Komputer Akuntansi

Restoration Of Interactive Multi-Media-Based Blended Learning Learning Model In Accounting Computer Practicum Course

Authors

  • Slamet Fauzan Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Jailani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Yongki Teguh Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2612

Keywords:

Blended Learning, Praktikum Komputer Akuntansi, Video Pembelajaran

Abstract

Salah satu faktor terpenting dalam pembelajaran praktikum komputer akuntansi adalah bahan ajar atau media yang digunakan. Penggunaan teknologi yang dikombinasikan dengan pola interaksi sosial antara dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran dikemas dengan menarik dalam suatu video. Model pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah praktikum komputer akuntansi adalah blended learning. Penyiapan modul dan video serta rekaman saat penjelasan asinkron bersama mahasiswa digunakan sebagai suatu best practice dalam pembelajaran. Tujuannya adalah mahasiswa dapat memahami materi dan praktik secara mumpuni dan membantu mahasiswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran agar dapat mengikuti pembelajaran seperti mahasiswa lainnya agar dapat mengikuti pembelajaran seperti mahasiswa lainnya melalui rekaman video pembelajarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Slamet Fauzan, Universitas Negeri Malang

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Yongki Teguh, Universitas Negeri Malang

References

Adyani, L., Agustini, R., & Raharjo, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Media Animasi Interaktif Berbasis Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 648. Https://Doi.Org/10.26740/Jpps.V4n2.P648-657
Ambarwati, I. (2020). Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Accurate. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 483–494.
Deskoni, AR, R., & Firmansyah. (2018). Pengembangan Program Myob Pada Pembelajaran Komputer Akuntansi Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Sriwijaya. 139–151.
Giovani, C. D., Hidayat, A., & Mariam, P. (2018). Pemanfaatan Video Tutorial MYOB Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(1).
Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Herlina, R., & Sibarani, C. G. G. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(2), 194–198.
Hidayat, A. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Audio Visual MYOB Dalam Pembelajaran Praktika Komputer Akuntansi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 97–108.
Iswinar. (2019). Pendekatan Kontruktivistik Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Komputer Akuntansi Kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 7(7), 951–958.
Mema, N. (2016). Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Dengan Menggunakan Media Tutorial Myob Berbasis Adobe Captivate. Journal Of Accounting And Business Education, 1(4). Https://Doi.Org/10.26675/Jabe.V1i4.6038
Permadi, Ade Salahudin, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:(1)16-21.
Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N. F. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 70–76. Https://Doi.Org/10.17977/Um022v1i12016p070
Putra, Chandra Anugrah, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade Permadi Salahudin. 2019.Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Saraswati, I. S., & Listiadi, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Computer Assisted Instruction (Cai) Menggunakan Adobe Captivate Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Untuk Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(2), 254–262.
Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32–43. Https://Doi.Org/10.21831/Jpai.V11i2.1689
Sari, L. J. S., & Wahjudi, E. (2013). Pengembangan Modul Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Myob Berbasis Pembelajaran Scientific Approach Pada Kompetensi Dasar Pencatatan Transaksi Perusahaan Jasa Untuk Siswa Kelas Xi Akuntansi. 1–8.
Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V2i3.1043
Wati, I. K., & Listiyadi, A. (2018). Pengembangan Modul Komputer Akuntansi Myob Berbasis Pembelajaran Kontekstual Pada Kompetensi Dasar Pencatatan Transaksi. 1–12.
Wulandari, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Dengan Menggunakan Camtasia Studio Sebagai Bahan Pengamatan Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi (Myob) Kelas Xi Di Smk Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol.6(No.2), 113–120.
Zulfia, R., & Syofyan, E. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah, Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Di SMK Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–10.

Downloads

Published

2021-03-03

How to Cite

Fauzan, S., Jailani, M., & Teguh, Y. (2021). Restorasi Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Multi Media Interaktif Pada Mata Kuliah Praktikum Komputer Akuntansi: Restoration Of Interactive Multi-Media-Based Blended Learning Learning Model In Accounting Computer Practicum Course. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 9–13. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2612