Analisis Penerapan Si-Bajakah di Kelas X Boga 2 SMK Negeri 3 Palangka Raya

Analysis of the Application of SI-Bajakah in Class X Boga 2 SMK Negeri 3 Palangka Raya

Authors

  • Muhammad Jailani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Fitriya Liyani Futri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i1.4921

Keywords:

Berbicara, Kefasihan, Video bercerita Digital

Abstract

Efisiensi penggunaan film Digital Storytelling di kelas sebelas untuk mengajarkan keterampilan berbicara melalui sesi tanya jawab dievaluasi di SMK Telkom Banjarbaru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti apakah penggunaan video bercerita digital bermanfaat atau tidak dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara lisan. Peneliti menggunakan metode purposive sampling dan hanya mengambil sampel penelitian kelas X yang berjumlah 37 siswa. Selain itu, peneliti menggunakan instrumen penelitian ini yaitu tes lisan. Dalam pre-test dan post-test, peneliti memberikan topik melalui video storytelling digital untuk merangsang siswa berbicara dalam aktivitas sehari-hari. Pada pre-test dan post-test, satu per satu siswa diminta untuk berbicara langsung dengan peneliti di kelas. Setelah pre-test, peneliti menerapkan media pembelajaran sebagai treatment kemudian hasil post-test dibandingkan dengan hasil pre-test siswa dan mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa. Temuan dari analisis data mengungkapkan bahwa nilai rata-rata pada pre-test adalah 3,45, sedangkan nilai rata-rata pada post-test adalah 4,54. Temuan ini didasarkan pada fakta bahwa pre-test diberikan sebelum post-test. Diketahui bahwa hasil t-test adalah 10,33, lebih tinggi dari nilai t-tabel, yaitu 1,688. Tingkat signifikansi yang digunakan adalah 0,05, dan derajat kebebasan (df) yang digunakan adalah 37-1, yaitu 36. Bahwa hipotesis alternatif diterima sedangkan hipotesis nol ditolak adalah implikasi dari hal ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Fitriya Liyani Futri, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Sugiono (2016). Metologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung CV Alfabeta.

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta. Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Desintiawati, Felia. (2021). Pembelajaran pendidikan agama islam melalui si–bajakah kelas XI teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 3 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

Diplan & M.Andi Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jawa Tengah CV.Sarnu Untung.

Jailani, M., & Febrilianti, F. (2022). Analisis Efektivitas Pengelolaan Kelas Menggunakan Fitur Breakout Room Pada Aplikasi Zoom Meeting: Effectiveness Analysis Of Class Management Using Breakout Room Features In Zoom Meeting Applications. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3386

Setiawan, M. A., & Riadin, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 27-31.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Jailani, M., & Futri, F. L. (2023). Analisis Penerapan Si-Bajakah di Kelas X Boga 2 SMK Negeri 3 Palangka Raya : Analysis of the Application of SI-Bajakah in Class X Boga 2 SMK Negeri 3 Palangka Raya. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i1.4921