Analisis Efektivitas Pengelolaan Kelas Menggunakan Fitur Breakout Room Pada Aplikasi Zoom Meeting
Effectiveness Analysis Of Class Management Using Breakout Room Features In Zoom Meeting Applications
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3386Keywords:
Efektivitas, Pengelolaan Kelas, Fitur Break Room, Zoom MeetingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan kelas menggunakan fitur Breakout Room yang ada pada aplikasi Zoom Meeting di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan prosedur penelitian Observasi dan Wawancara. Subjek penelitian ini adalah Peserta Didik dan guru SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Maret Tahun 2021 yang berlokasi di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Hasil penelitian terhadap 3 orang Peserta Didik dan 2 Guru menunjukan bahwa penggunaan fitur Brekout Room sebagai sarana pengelolaan kelas jarak jauh sudah baik dan cukup efektif dan menunjang sebagai sarana pengelolaan kelas online di sekolah dalam keadaan pandemi saat ini dan juga memudahkan Guru dan Peserta saling berinteraksi dan bertatap muka dari hari senin sampai dengan hari jumat.
Walaupun masih terdapat kendala yang dialami oleh Peserta Didik maupu Guru dalam penggunaan fitur Breakout Room pada aplikasi Zoom Meeting ini seperti kendala pada jaringan internet, kuota maupun listrik. Apabila operator mengalami gangguan seperti sinyal buruk atau listrik padam maka akan berpengaruh ke semua yang sedang berada kelas online tersebut.
Downloads
References
Adi Nugroho.2009. Rakayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA. Andi Offset. Yogyakarta.
Afifatu Rohmawati, (2015), Efektivitas Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI VOL. 9 EDISI 1, 15-31.
Beni Pekei. 2016. Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Buku 1.Jakarta Pusat : Taushia
Bungkaes, H. R., Posumah, J. H., & Kiyai, B. (2013). Hubungan Efektivitas Pengelolaan Program Raskin dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Mamahan Kecapatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud. Journal “Acta Diurna”.
Chandler, K. (2016). Using Breakout Rooms in Synchronous Online Tutorials. Journal of Perspectives in Applied Academic Practice, 4(3).
Danin, Aqiilah. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemic covid-19. JURNAL PENDIDIKAN VOL. 5. NO.
Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Diplan & M.Andi Setiawan, (2018). Metodelogi Penelitian Pendidikan.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eka Lestari, Karunia dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Emzir. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif. Jakarta. Rajawali Press
Heryati, A.R. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan. Bandung: Pustaka Setia
Jeanne Ellis Ormrod, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Erlangga. 2008, hal. 210
Junita Monica, Dini Fitriawati (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19.Jurnal Komunikasi. VOL. NO. 2
Kamus besar bahasa Indonesia. Edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mardiasmo 2009 Akuntansi Sektor Publik, Andi. Yogyakarta
Misbahudin, Iqbal Hasan, (2013), Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta, Bumi Aksara
Mulyono, 2008, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta, Ar Ruzz Media Group.
Nasir, dkk. (2020). Memaksimalkan Fitur “Breaking Rooms” Zoom Meeting Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PENDIDIKAN VOL. 5. NO 1
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusdiana,Pengelolaan Pendidikan,Pustaka Setia,Bandung,2015,hlm.166
Setiawan.2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet. X; Bandung: CV Alfabet, 2010), h. 9.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.