Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika

The Effectiveness Of The Zoom Application In The Mathematics Learning Process

Authors

  • Muhammad Andi Setiawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Izha Suci Maghfirah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2565

Keywords:

Efektivitas Aplikasi Zoom, Proses Pembelajaran Matematika, Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika pada kelas X TKRO di SMK Negeri 1 Palangka Raya. Dengan fokus penelitian “Bagaimanakah efektivitas aplikasi zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika pada kelas X TKRO di SMK Negeri 1 Palangka Raya”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi kepada peserta didik kelas X TKRO, Guru mata pelajaran Matematika dan wali kelas X TKRO di SMK Negeri 1 Palangka Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa penggunaan aplikasi zoom dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran daring. Dengan adanya aplikasi tersebut dapat mempermudah proses belajar mengajar saat ini dan guru dapat berinteraksi sekaligus bertatap muka dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Andi Setiawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Izha Suci Maghfirah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Afrilia Fahrina, Karla Amelia & Cut Rita Zahara. 2020. Minda Guru Indonesia: Guru Dan Pembelajaran Inovatif Di Masa Pandemi COVID-19. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Diplan & M.Andi Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.
Fanny. 2013. Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama. 14,16.
Fatchurahman, Mohammad, Muhammad Andi Setiawan, dan Karyanti. 2021. The development of group healing storytelling model in multicultural counselling services in Indonesian schools: Examination of disciplinary cases. Образование и наука. 23:4(157-180).
Lysa Anggrayni & Yusliati. 2018. Efektifitas Rehabilitas Pecandu Narkotika Serta Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kejahatan Di Indonesia. Sidoharjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Permadi, Ade Salahudin dan Rahmani. 2020. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Google Apps For Education. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 5:2(48-52).
Resiani. 2015. Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama. 14, 15.
Riadin, Agung, Muhammad Jailani dan Ummi Qudsiyah. 2020. Optimalisasi Kompetensi Dan Kinerja Guru Ekonomi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Berbasis ICT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). 4:6(1250-1261).
Ulfi Awwaliyah dkk. 2021. Antologi Pandemi 2020 Part#1. Riau: Yayasan Miftahul Ulum Kepenuhan.

Downloads

Published

2021-03-02

How to Cite

Andi Setiawan, M., & Suci Maghfirah, I. (2021). Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika: The Effectiveness Of The Zoom Application In The Mathematics Learning Process. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 33–37. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2565