MENGUKUR TINGKAT USABILITY APLIKASI E-LEARNING MTSN KOTA TASIKMALAYA MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE

MEASURING THE USABILITY LEVEL OF E-LEARNING APPLICATION AT MTSN TASIKMALAYA CITY USING USE QUESTIONNAIRE METHOD

Authors

  • Hilmi Sakina Universitas Siliwangi
  • Eka Wahyu Hidayat Universitas Siliwangi
  • Muhammad Adi Khairul Anshary Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.7047

Keywords:

E-learning, Questionnaire, Usability, USE

Abstract

E-learning MTsN 2 Kota Tasikmalaya merupakan aplikasi yang membantu proses belajar mengajar, baik di dalam maupun di luar sekolah. Secara umum, fungsinya adalah memberikan kemudahan bagi siswa maupun guru dalam mengakses maupun memberikan materi pelajaran, kuis, pengumuman kepada seluruh pengguna, dan lainnya. Dikarenakan beberapa pengguna, baik dari guru maupun siswa mengalami kesulitan, peneliti akan menguji tingkat usability dengan menggunakan metode USE Questionnaire. USE Questionnaire merupakan kuesioner yang digunakan untuk menilai sistem dari perspektif pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi e-learning di MTsN 2 Kota Tasikmalaya memperoleh skor dengan kategori "layak" baik itu skor rata-rata maupun persentasi. Meskipun demikian, terdapat beberapa rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan pada aplikasi ini, perbaikan pada fitur rekap absen bulanan, pengembangan aplikasi mobile, dan melengkapi petunjuk pada halaman fitur yang belum tercatum.

Kata kunci: E-learning, Questionnaire, Usability, USE

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrean Nugraha, R., Wahyu Hidayat, E., Ika Kurniati, N., & Nur Shofa, R. (2023). Klasifikasi Jenis Buah Jambu Biji Menggunakan Algoritma Principal Component Analysisdan K-Nearest Neighbor Principal Component Analysis dan K-Nearest Neighbor. Dalam Generation Journal (Vol. 7, Nomor 1). https://doi.org/10.29407/gj.v7i1.17900

Asnawi, N. (2021). Analisa Usability Aplikasi e-LMA Sebagai e-Learning Menggunakan Metode USE Questionnaire Usability Analysis of e-LMA Applications as E-learning Using the USE Questionnaire Method. Research : Journal of Computer, 4(2), 131–141.

Basuki. (2021). PENGANTAR METODE PENELITIAN KUANTITATIF.

Eko Saputro, K., Dirgahayu, T., & Haryono, K. (2022). Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Dengan Metode WebQual 4.0, Customer Satisfaction Index (CSI), Dan Importance Performance Analysis (IPA) Terpadu. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 9(3). http://jurnal.mdp.ac.id

Hadi, K. R., Muslimah Az-Zahra, H., & Fanani, L. (2018). Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire (Vol. 2, Nomor 9). http://j-ptiik.ub.ac.id

Imam, C., Hidayat, E. W., & Kurniati, N. I. (2021). CLASSIFICATION OF MEAT IMAGERY USING ARTIFICIAL NEURAL NETWORK METHOD AND TEXTURE FEATURE EXTRACTION BY GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX METHOD. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.1.37

Kilis, B. M. H., Mamonto, J., Legesan, H., Sagai, Z., & Wauran, F. N. (2022). Usability Evaluation of The Android Operating System Using Use Questionnaire. Dalam International Journal of Information Technology and Education (IJITE) (Vol. 1, Nomor 2). http://ijite.jredu.idhttp://ijite.jredu.id

Kurniawan, D., & Yuamita, F. (2023). Usability Testing Penggunaan Menu Kartu Hasil Studi Di Website Sistem Informasi Akademik Universitas Teknologi Yogyakarta. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 2(1), 41–52. https://sia.uty.ac.id/std.

Marthasari, G. I., Hayatin, N., & Person, K. (2017). Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA) 2017 ISSN (Cetak) 2527-6042 eISSN (Online). http://www.lective.id/

Nawawi, M., & Rubedo, H. (2022). Pengukuran Usability E-Learning berbasis Moodle di Universitas Wanita Internasional Menggunakan USE Questionnaire. Jurnal Teknologi dan Informasi. https://doi.org/10.34010/jati.v12i1

Nur, B. M., Hidayat, E. W., & Sulastri, H. (2024). Virtual Tour 360 Objek Wisata Curug Cimanintin Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Dalam Generation Journal (Vol. 8, Nomor 1). https://doi.org/10.29407/gj.v8i1.21477

Rabiee, A., Abdali, A., Mohseni-Bonab, S. M., & Hazrati, M. (2021). Risk-averse scheduling of combined heat and power-based microgrids in presence of uncertain distributed energy resources. Sustainability (Switzerland), 13(13). https://doi.org/10.3390/su13137119

Rozi, F., & Riana, D. (t.t.). Analisis Respon Siswa Jurusan Multimedia Terhadap Penggunaan Aplikasi Google Classroom pada SMKN 3 Tenggarong.

Sahfitri, V., & Ulfa, M. (t.t.). EVALUASI USABILITY SISTEM E-LEARNING SEBAGAI APLIKASI PENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE.

Shidiq, F., Hidayat, E. W., & Kurniati, N. I. (2022). APPLICATION OF K-NEAREST NEIGHBOR (KNN) METHOD TO DETERMINE CUPANG FISH USING CANNY EDGE DETECTION AND INVARIANT MOMENT. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 3(1). https://doi.org/10.20884/1.jutif.2022.3.1.95

Sufandi, U. U., Priono, M., Aprijani, D. A., Wicaksono, B. A., & Trihapningsari, D. (2022). UJI USABILITY FUNGSI APLIKASI WEB SISTEM INFORMASI DENGAN USE QUESTIONNAIRE. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19.

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Sakina, H., Hidayat, E. W., & Anshary, M. A. K. (2024). MENGUKUR TINGKAT USABILITY APLIKASI E-LEARNING MTSN KOTA TASIKMALAYA MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE: MEASURING THE USABILITY LEVEL OF E-LEARNING APPLICATION AT MTSN TASIKMALAYA CITY USING USE QUESTIONNAIRE METHOD. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(1), 15–25. https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.7047