Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Dalam Proses Pembelajaran Online
Effectiveness Of Using Zoom Cloud Meeting Applications In Online Learning Process
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i2.4061Keywords:
Efektivitas, Zoom Cloud Meeting, Pembelajaran OnlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meting Dalam Proses Pembelajaran Online Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangkaraya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni tahun 2022 yang berlokasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangkaraya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode evaluasi dalam pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan metode pengumpulan data melalui dua sumber data yaitu data primer dan sekunder, data primer dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan data sekunder dengan buku, jurnal, dan dokumen. Hasil penelitian berdasarkan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting dalam proses pembelajaran online pada peserta didik SMAN 1 Palangkaraya dikalangan peserta didik dan guru tidak efektif. Penilaian ini dapat dilihat dari ketiga kriteria efektivitas pembelajaran yang tidak terpenuhi yaitu : (1) Pelaksanaan pembelajaran tidak berjalan dengan baik; (2) Partisipasi dalam mengikuti pembelajaran rendah; dan (3) Aktivitas belajar tidak berjalan dengan baik.
Downloads
References
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom cloud meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 665. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
Jailani, M., & Febrilianti, F. (2022). Analisis Efektivitas Pengelolaan Kelas Menggunakan Fitur Breakout Room Pada Aplikasi Zoom Meeting. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 44-52. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3386
Maleong, L. (2003). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung.
Mulyadi, E. (2020). Pembelajaran Daring Fisika Melalui Whatsapp , Google Form , Dan Email Dalam Capaian Presensi Aktif Dan Online Physics Learning Via Whatsapp , Google Form , and Email in the Achievement of Active Presence and. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5, 34-41.
Mulyasa, E. (2005). Dalam Manajemenan Berbasis Sekolah : Konsep Strategi dan Implementasi (hal. 82). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3, 96-102. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 861-870. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rohmawati, A. (2015). "Efektivitas Pembelajaran". Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17. doi:https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Jailani, Jemmy Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.