Peningkatan Kinerja Guru Dalam KBM Mode Daring Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Kolaboratif

Improving Teacher Performance in Online KBM Mode Through The Implementation of Academic Supervision With a Collaborative Approach

Authors

  • Maryadi Maryadi SDN 2 Kumai Hilir

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2614

Keywords:

Kinerja Guru, Daring, Kolaboratif

Abstract

ABSTRAK

Guru juga mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pengakuan kedudukan guru sebagai tenaga profesional tersebut dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Menurut Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru mendefinisikan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu.

Penerapan pembelajaran daring ini menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak, baik itu dari penyedia layanan pendidikan atau dari peserta didik sendiri. Bagaimanapun juga, pembelajaran secara daring dan jarak jauh membutuhkan bantuan teknologi yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah. Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh atau remote learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Penelitian ini mengambil bentuk penelitian tindakan sekolah (PTS) yaitu peningkatan kinerja guru melalui kunjungan kelas dalam rangka mengimplementasikan standar proses.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maryadi Maryadi, SDN 2 Kumai Hilir

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2001), Manajemen sumber daya manusia perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2009.
Arikunto, Suharsimi, 2004, Dasar-dasar Supervisi, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta
Buku Materi Bafadal, I. 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1995. Pedoman Pembinaan Profesional Sekolah Dasar. Dikdasmen: Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Petunjuk TeknisPenelitian Tindakan Sekolah. Dirjen PMTK: Jakarta.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Fatchurahman, Mohammad, Muhammad Andi Setiawan,dan Karyanti. 2021. The Development Of Group Healing Storytelling Model In Multicultural Counselling Services In Indonesian Schools: Examination Of Disciplinary Cases. Образование и наука. 23:4(157-180).
Glickman, Carl.AD, (1981) Development Supervision (alternative Practice for Helping Teacher Improve Intruktion) Virginia ASCD
Glickman, Stephen, Jovita. 2009. The Basic Guide to Supervision and Instructional Leadership, USA: Pearson
H.A.R. Tilaar.(2004).MULTIKULTURALISME Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional.Jakarta.Grasindo
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan.14:1(35-42).
Kartini Nurul Hikmah, Chandra Anugrah Putra dan Muhammad Noor Fitriyanto. 2020. Application of Information Technology and Learning Motivation during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Dedikasi. 17:2(12-16).
Maunah, Binti. “Hand Out Supervisi Pendidikan Islam,” dalam http://blog.iain-tulungagung.ac.id/uunbinti/2013/11/09/32/.
Nazri, Ziria. “Pendekatan supervisi kolaboratif,” dalam http://zirya.mywap blog.com/pendekatan -supervisi-kolaboratif.xhtml.
Permadi, Ade Salahudin, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Riadin, Agung, Muhammad Jailani dan Ummi Qudsiyah. 2020. Optimalisasi Kompetensi Dan Kinerja Guru Ekonomi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Berbasis ICT. 4:6(1250-1261).
Sergiovanni. (1987). Educational Governance and Administration. New jersey: Prentice Hall Inc.

Downloads

Published

2021-03-03

How to Cite

Maryadi, M. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Dalam KBM Mode Daring Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Kolaboratif: Improving Teacher Performance in Online KBM Mode Through The Implementation of Academic Supervision With a Collaborative Approach. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 61–66. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2614