EVALUASI PLATFORM GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP
Main Article Content
Abstract
Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk beradaptasi dengan teknologi, namun
pemanfaatan Platform Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) oleh guru belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan Platform Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini dilakukan di lima Sekolah Dasar di Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam kepada sembilan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konteks, platform GTK membantu guru dalam mengatasi keterbatasan referensi pembelajaran. Pada aspek input, ditemukan kendala seperti kurangnya pelatihan dan keterbatasan infrastruktur teknologi. Pada proses, pemanfaatan platform sangat bergantung pada literasi digital guru. Sedangkan pada aspek produk, platform GTK dinilai meningkatkan kolaborasi dan inovasi pembelajaran meskipun belum berdampak signifikan terhadap hasil belajar siswa. Platform GTK berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru, namun untuk pemanfaatan yang optimal dibutuhkan penguatan pelatihan, perbaikan fitur, serta penyediaan akses yang merata, khususnya di daerah dengan keterbatasan jaringan.
Kata Kunci: Evaluasi, Platform GTK, Model CIPP
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ambawani, C. S. L., Maryani, D., Cholidah, N., Sumardi, S., dan Muhibbin, M. (2024). Evaluasi dan tindak lanjut pemanfaatan platform merdeka mengajar (PMM). Journal of Education Research, 5(2), 2121-2128.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250
Gresinta, E. (2024). Platform Merdeka Mengajar sebagai Inovasi dalam Dunia Pendidikan. International Journal of Social and Management Studies, 5(6), 24-28.
Hidayati, A. N., dan Haryati, E. (2023). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi di era digital terhadap pengembangan kinerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 409-420..
Katili. D. (2021) Evaluasi Pembelajaran Daring Di masa Pandemi Covid_19 Di SMK Negeri 1 Mootilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo
Kemendikbudristek. (2022). Merdeka Mengajar: Platform untuk Guru Belajar dan Berkarya. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kurniawati, E. W. (2020). Evaluasi Program pendidikan perspektif model cipp (context, input, process, product). GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(1), 19-25.
Moleong, Lexy J. (2015) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Paridah, S., Hidayat, O. S., dan Komalasari, G. (2022). Program evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik di era pandemik covid-19. Buana Pendidikan, 18(1), 61.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., dan Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238-244.
Rahma, A. S., Angelina N. D., dan Hazin, M. (2024) “Evaluasi Program Platform Merdeka Mengajar ( PMM ) Di Kota Surabaya Menggunakan Model CIPP.” Jurnal Pendidikan Indonesia XX, no. XX: 1–8.
Sarinten, S., dan Raharja, S. (2023). Pengaruh Kompetensi Digital Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru yang Dimediasi oleh Teacher Readiness for Change. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 6(1), 83-92.
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco: Jossey-Bass.
Sudjiono, A. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, H. (2021). Evaluasi pendidikan. Uad Press.