Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Papan Musi Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Kelas III

Improving Student's Learning Ability By Using Musi Board Media On Multiplication And Division Materials For Class III

Authors

  • Dada Dada SDN TUMBANG KAMAN

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3366

Keywords:

Kemampuan, Media Papan Musi, Perkalian

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Fokus penelitian ini secara umum adalah upaya meningkatan kemampuan Perkalian dan Pembagian siswa kelas III semester I SDN Tumbang Kaman dengan media Papan Musi.

Lokasi penelitian dilakukan di SDN Tumbang Kaman Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas III semester I, jumlah siswa 28 orang yang terdiri atas 21 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kuantatif dan kualitatif yang terdiri atas data hasil belajar,  hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran, rubrik penilaian hasil dan penilaian proses. Data-data ini bersumber dari siswa dan peneliti. Analisis data ini dilakukan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk memjelaskan perubahan perilaku siswa dan peneliti dalam proses pembelajaran, analisis kualititatif digunakan untuk menjelaskan tingkat keberhasilan siswa dalam Perkalian dan Pembagian dengan media Papan Musi.

             Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media Papan Musi dalam Perkalian dan Pembagian dapat meningkatkan kemampuan siswa kekas III semester I SDN Tumbang Kaman Tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian yang melampaui kreteria ketuntasan minimal 50,50. Berdasarkan hasil nilai rata-rata pada tahap pratindakan rata-rata siswa 49,46 dan hasil tes pada siklus I nilai rata-rata 64,14 dan siklus II nilai rata-rata 70,00. Secara keseluruhan, hasil penelitian nilai rata-rata siswa meningkat dan menlampaui ketuntasan minimal serta ditunjukkan dengan keseriusan dan semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dada Dada, SDN TUMBANG KAMAN

References

Arikunto, S (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arsyad. A. 1996. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fleming, 1987. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Gerlach dan Ely, 1971. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, 1986. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Hamalik, Oemar. 1982. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Heinik, dkk, 1982. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Kemendikbud. 2017. Buku Siswa Mtematika SD Kelas III Kurikulum 2013. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2017. Matematika SD k-2013. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2018. Materi Penyegaran instruktur Kurikulum 2013. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Osman, Osdirwan, 2008. Buku Pintar Matematika. Jakarta. Media Pusindo
Permadi, Ade Salahudin dan Repitae. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 13:2(23-28).
Riadin, Agung dan Hestya Monica. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 5 Menteng. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7:1(66-72).
Sadiman. S. A. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Petikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006. Universitas Palangkaraya-FKIP.
Subandijah, (1992). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Susilo. Joko (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Pustaka Belajar.
Sutomo. (2004). Teknik Penilaian Pendidikan. Mojokerto : PT Bina Ilmu.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Dada, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Papan Musi Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Kelas III: Improving Student’s Learning Ability By Using Musi Board Media On Multiplication And Division Materials For Class III. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 10–15. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3366