Perbedaan Efektvitas Hydrotherapy (Rendam Kaki Air Hangat) Dengan Emotional Freedom Tehnique Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi

Differences Of Hydrotherapy (Warm Water Soak) With Emotional FreedomTechnique On Blood Pressure In Hypertension

Authors

  • Wyssie Ika Sari Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada

DOI:

https://doi.org/10.33084/bjmlt.v5i1.4439

Keywords:

Hipertensi, Hydroterapy, Emotional Freedom Technique, Tekanan Darah

Abstract

Hipertensi merupakan sebuah kondisi dari cairan darah tubuh yang menekan dinding arteri dengan cukup kuat. Upaya untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan terapi farmakologis dan nonfarmakologis. Hydroterapy dapat digunakan untuk penurunan tekanan darah. Hydrotherapy dapat diartikan sebagai metode pengobatan yang meringankan kondisi menyakitkan dengan memanfaatkan air. Emotional freedom tehnique dan hydroterapy dapat digunakan untuk penurunan tekanan darah. Emotional freedom technique merupakan bentuk terapi nonfarmakologis (emosional) seperti akupuntur tanpa mengunakan jarum. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan efektivitas hydroterapy dengan emotional freedom technique terhadap tekanan darah. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan non equivalent control group dan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 39 orang. Terdapat 2 variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen pemberian terapi emotional freedom technique dan hydroterapy dan variabel dependen tekanan darah. Hasil uji kruskall wallis  menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas pemberian hydroterapi dengan emotional freedom tehnique terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Hal tersebut ditandai dengan nilai mean sistolik 35,50 (p=0,005) dan diastolik 27,50 (p=0,028). Kesimpulan dari penelitian ini adalah hidroterapy memiliki efektivitas lebih tinggi terhadap turunnya tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi apabila dilakukan secara rutin minimal 10 menit setiap hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wyssie Ika Sari, Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada

References

Akmal Tarigan, A. and Aidha, Z. 2018 ‘Survey Hipertensi Dan Pencegahan Komplikasinya Di Wilayah Pesisir Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun 2018’, Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan, 4.

Anwar, K. and Masnina, R. 2019 ‘Hubungan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi denganTekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Air Putih Samarinda’, Borneo Student Research, 1(1), pp. 494–501.

Austrianti, rifka; Andayani, R. putri 2021 ‘Sosialisasi dan Pendampingan Penggunaan Emotional Freedom Techhnique EFT Untuk Menurunkan Tekanan Dara Pada Lansia Yang Menderita Hipertensi’, Jurnal Abdimas Saintika, 3 (2), pp. 1–8. Available at: file:///C:/Users/ACER/Desktop/JURNAL HIPERTENSI/jurnal revisi 1.pdf.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI 2019 Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Jakarta: Balitbangkes.

Dilianti, Evi Inggrid., Candrawati, E., A. W. and Catur, R. 2017 ‘Efektivitas Hydrotherapy terhadap penurunan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi di panti Wreda Al-Islah Malang’, Universitas Tribuana Tungga dewi Malang.

Dinkes Kab. Malang, B. P. 2018 Laporan Kasus Penyakit Tidak Menular.

Elisabet H, H. and Evelin, M. 2017 ‘Change Of Blood Pressure as a Response to Feet- Dipping’, 31, pp. 45–52.

Hidayat, W. 2011 ‘Efektivitas pemberian tambahan terapi non farmakologis untuk mencegah kenaikan tekanan darah pada penderita hipertensi stadium 1’.

Iskandar, E. 2010 The Miracle of Touch : Panduan Menerapkan Keajaiban EFT (Emotional Freedom Technique) Untuk Kesehatan dan Kebahagiaan. 1st edn. Bandung: Qanita.

Isworo, A., Anam, A. and Indrawati, N. 2019 ‘Pengaruh Terapi Emotional Freedom Technique dalam Menurunkan Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi’, Gaster, 17(2).

Malibel, Y. A. A., Herwanti, E. and Djogo, H. M. A. 2020 ‘Pengaruh Pemberian Hidroterapi (Rendam Kaki Air Hangat) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Wiayah Kerja Puskesmas Sikumana Kota Kupang’, CHMK Health Journal, 4(1).

Manuntung, A. 2018 Terapi Perilaku Kognitif Pada Pasien Hipertensi. Malang: Wineka Media.

Primasari, N. A. 2022 ‘Dukungan Keluarga dan Kepatuhan Konsumsi Obat Hipertensi pada Lansia’:, Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 13(4), pp. 34–39.

Purwitarsari, U. K. P., Rohmi, F. and Aditya, R. S. 2021 ‘Emotional Freedom Technique Menurunkan Tekanan Darah Dan Kecemasan Pada Lansia Literature Review’, Info Kesehatan, 11(2).

Syamsudin, Tauchida, A. and Nurhayati, L. 2021 ‘Literature Review Hidroterapi Rendam Kaki Air Hangat Terhadap Tekanan Darah Lansia Hipertensi’, Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 7, pp. 68–82.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Sari, W. I. (2022). Perbedaan Efektvitas Hydrotherapy (Rendam Kaki Air Hangat) Dengan Emotional Freedom Tehnique Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi: Differences Of Hydrotherapy (Warm Water Soak) With Emotional FreedomTechnique On Blood Pressure In Hypertension. Borneo Journal of Medical Laboratory Technology, 5(1), 360–364. https://doi.org/10.33084/bjmlt.v5i1.4439