Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Dan Pupuk Tsp Terhadap Pertumbuhan Kemiri (Aleurientis Moluccana Wild) Pada Tanah Aluvial

The Effect of Manure and Tsp Fertilizer on the Growth of Candlenut (Aleurientis Moluccana Wild) in Alluvial Soil

Authors

  • Yos Andi Tangkasiang Universitas PGRI Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/daun.v10i1.4210

Keywords:

Pertumbuhan, Pupuk Kandang TSP, Tanah Aluvial

Abstract

Pengaruh Pupuk kandang dan pupuk TSP Terhadap Pertumbuhan Kemiri (Aleurintes moluccana Wild) Pada Tanah Aluvial, penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu pada bulan Pebruari 2019  sampai dengan April 2019 di Desa Tangkiling, bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang (kotoran sapi) dan pupuk TSP terhadap pertumbuhan kemiri (Aleurintes moluccana Wild). Perlakuan yang diteliti adalah pupuk kandang dengan dosis 0; 0,3; 0,6; 0,9 kg/tumbuhan dan pupuk TSP 0;  4;  8; 12 gram/tumbuhan. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 (tiga) kali pengulangan. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan di dapatkan hasil bahwa secara interaksi maupun secara tunggal pengaruh dari pupuk kandang dan pupuk TSP memberikan hasil yang nyata terhadap pertambahan tinggi tanaman. Pupuk kandang dan pupuk TSP tidak memperlihatkan perbedaan yang nyata terhadap pertambahan diameter batang dan jumlah daun.   Kombinasi perlakuan terbaik adalah pupuk kandang dengan dosis 0,6 kg / tanaman dan 8 gram pupuk TSP / tanaman (K T ), rata – rata pertambahan tinggi tanaman yang terbesar, yaitu (17,08 cm). Pengaruh tunggal (pupuk kandang), didapatkan pada dosis 0,6 kg / tanaman (K ) dengan rata – rata pertambahan tinggi tanaman  sebesar (14,88 cm). Dengan demikian penanaman kemiri agar didapatkan pertumbuhan yang baik dan maksimal khususnya pada tanah Aluvial perlu diikuti dengan pemupukan dan pemeliharaan, terutama pada tahap – tahap pertumbuhan awalnya, pemeliharaan dalam hal ini juga termasuk pembersihan dari tumbuhan pengganggu / gulma dll.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harry. O. Buckman & Nyle. C. Brady. 1983. Ilmu Tanah. Bhratara Karya Aksara. Jakarta.

Haeruman. J. H. 1979. Prosedur Analisa Rancangan Percobaan. Fakultas Kehutanan Unlam. Banjarbaru.

Mangundikoro, A. 2002. Pedoman Teknis Penanaman Rotan. Direktorat Reboisasi dan Rehabilitasi. Direktur Jendral Kehutanan. Jakarta.

Muhali, I. 2000. Pengetahuan Pupuk. Yayasan Pembina Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Muchtar, A. 2006. Studi Prospek Pembudidayaan Rotan Taman (Calamus caesius BL) Di Kecamatan Kota Besi Kotawaringin Timur. Universitas Palangka Raya.

Rahman, O. 2004. Masalah Penelitian Pengolahan Rotan Di Indonesia. Kehutanan Indonesia No. 3. Jakarta.

Rinsema, W. I. 2003. Pupuk dan Cara Pemupukan. Bharata Karya Aksara. Jakarta.

Roberta R. S. 2001. Pengantar Biostatistika. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Yitnosumarto, S. 2001. Percobaan, Perancangan, Analisis dan Interprestasinya. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Tangkasiang, Y. A. (2023). Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Dan Pupuk Tsp Terhadap Pertumbuhan Kemiri (Aleurientis Moluccana Wild) Pada Tanah Aluvial: The Effect of Manure and Tsp Fertilizer on the Growth of Candlenut (Aleurientis Moluccana Wild) in Alluvial Soil. Daun: Jurnal Ilmiah Pertanian Dan Kehutanan, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.33084/daun.v10i1.4210