Upaya Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Membuat RPP K13 Melalui Bimbingan Langsung Di SDN-1 Sakabulin Efforts To Increase Teacher Skills In Making RPP K13 Through Direct Guidance In SDN-1 Sakabulin
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam menyusun rpp k13 melalui bimbingan langsung di SDN 1 Sakabulin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Jenis metode pengumpulan data terdiri dari tes, angket atau kuesioner, interview, observasi, skala bertingkat, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas yang ada di SDN 1 Sakabulin, baik yang sudah pegawai negeri sipil maupun yang masih wiyata bakti. Jumlah seluruh dewan guru yang menjadi subyek penelitian adalah 8 orang. Pada pra siklus ini di hasilkan skor 78, artinya Ketrampilan Guru Dalam menyususn RPP K13 kurang baik, maka perlu di lanjutkan siklus I untuk lebih miningkatkan lagi Ketrampilan Guru Dalam menyusun RPP K13. Pada siklus I, guru sudah mulai faham dan mampu menyusun RPP k13 walaupun belum maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 152 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 9= 27 Skor maksimal semua guru 8 X 27= 216 Skor harapan 75% X 216= 162, yang berarti Ketrampilan Guru Dalam menyususn RPP K13 cukup baik.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Anonim, 2007. Pedoman Bantuan Langsung (Block Grant) Pelaksanaan Penelitian Tindakan Bagi Pengawas Sekolah
Anonim, 2008. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta : Departemen Pendidikan
Basuki,Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan
Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
SMA/SMK. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar
dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan. Anonim, 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Cemerlang.
Nasional Direktorat Jendral PMPTS. Arikanto S dan S. Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Nasional. Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.
______, 2006. Kumpulan Materi Perbekalan Profesi Bagi Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah, Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Pendidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.
______, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
______, 2008. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta : Direktorat Jenderal
Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.