Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Menerapkan Metode Saintifik Di SDN-3 Kumai Hilir Academic Supervision Implementation To Improve Teacher Skills In Applying Saintific Methods In SDN-3 Kumai Hilir
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru menerapkan metode saintifik di SDN 3 Kumai Hilir dalam pelaksanaan supervisi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian siklus I yakni hasil skor yang di dapatkan guru-guru SDN-3 Kumai Hilir adalah 11 dengan skor maksimal 15 dan skor harapan 11 maka kemampuan Guru-guru SDN-3 Kumai Hilir dalam menerapkan metode saintifik sudah tergolong baik. Pada siklus II, hasil skor meningkat. Adapun hasil skor yang di dapatkan guru-guru SDN-3 Kumai Hilir pada siklus 2 meningkat menjadi 14 dengan skor maksimal 15 dan skor harapan 11 maka kemampuan guru-guru SDN-3 Kumai Hilir dalam menerapkan metode saintifik sudah tergolong baik.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Jerry H. Makawimbang.” Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan”. 2011, Alfabeta, Bandung
Mulyasa, E.. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Ed.I. Cet. III; Jakarta Bumi Aksara, 2013
Onisimus Amtu, “Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah, Konsep, Strategi dan Implementasi”. 2011, Alfabeta, Bandung
Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Ed. I. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1992
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. XXI; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005
Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.
Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Wahyudi. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Cet.II; Bandung: Alfabeta, 2009