Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Menerapkan Metode Saintifik Di SDN-3 Kumai Hilir
Academic Supervision Implementation To Improve Teacher Skills In Applying Saintific Methods In SDN-3 Kumai Hilir
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1113Keywords:
Supervisi Akademik, Ketrampilan Guru, Metode SaintifikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru menerapkan metode saintifik di SDN 3 Kumai Hilir dalam pelaksanaan supervisi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian siklus I yakni hasil skor yang di dapatkan guru-guru SDN-3 Kumai Hilir adalah 11 dengan skor maksimal 15 dan skor harapan 11 maka kemampuan Guru-guru SDN-3 Kumai Hilir dalam menerapkan metode saintifik sudah tergolong baik. Pada siklus II, hasil skor meningkat. Adapun hasil skor yang di dapatkan guru-guru SDN-3 Kumai Hilir pada siklus 2 meningkat menjadi 14 dengan skor maksimal 15 dan skor harapan 11 maka kemampuan guru-guru SDN-3 Kumai Hilir dalam menerapkan metode saintifik sudah tergolong baik.
Downloads
References
Jerry H. Makawimbang.” Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan”. 2011, Alfabeta, Bandung
Mulyasa, E.. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Ed.I. Cet. III; Jakarta Bumi Aksara, 2013
Onisimus Amtu, “Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah, Konsep, Strategi dan Implementasi”. 2011, Alfabeta, Bandung
Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Ed. I. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1992
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. XXI; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005
Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.
Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Wahyudi. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Cet.II; Bandung: Alfabeta, 2009
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.