Pembelajaran Perkalian Dan Pembagian Pada Pecahan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 4 Pasir Panjang

Learning And Distribution In Solvement Through Use Of Image Media In Grade V Students Of SDN 4 Pasir Panjang

Authors

  • Mukri Mukri

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1117

Keywords:

Pembelajaran Perkalian dan Pembagian, Pecahan, Media Gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkalian dan pembagian melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas V SDN 4 Pasir Panjang.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Pembelajaran matematika pada materi Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Pada Pecahan dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V SDN 4 Pasir Panjang Semester I tahun ajaran 2018/2019. Ini terbukti pada penelitian pra siklus rata-rata hasil belajar masih 63,33. Mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 69,71 dan meningkat lagi pada penelitian tindakan siklus II sehingga dapat mencapai nilai diatas kriteria minimum 70 yaitu dengan nilai rata-rata 77,08.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2002
Azhar Arsyat, Media Pembelajaran, Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2003 Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers : 2002
dannyferdiansyah.blogspot.co.id/2013/11/makalah-tentang-kejujuran.html?m=1
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.1991
homeworkapw.blogspot.co.id/2013/09/makalah-sifat-terpuji-jujur_6860.html?m=1
https://rahmatikhsan78.wordpress.com/2014/04/03/26/ Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Kementrian Pendidikan dan, Kebudayaan. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta. 2014
Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: PT. Gramedia, 1991
M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Muhammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan Statistik Bandung, Bumi Aksara, 1993
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2002
Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Mizaka Gazila, 2003
Nana Sudjana, Ibrohim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru, 1989
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2005
Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al Barry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arloka, 1994
Saminanto, Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Semarang: RaSAIL, 2010
ukhuwahislah.blogspot.co.id/2013/10/makalah-jujur-da,lam-perkataan-dan.html?m=1

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

Mukri, M. (2019). Pembelajaran Perkalian Dan Pembagian Pada Pecahan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 4 Pasir Panjang: Learning And Distribution In Solvement Through Use Of Image Media In Grade V Students Of SDN 4 Pasir Panjang. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 27–31. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1117