Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Group Investigation Pada Kelas X MA Miftahul Jannah Palangka Raya Efforts To Improve Economic Student Learning Outcomes Using Cooperative Type Group Investigation Models In Grade X MA Miftahul Jannah Palangka Raya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan model cooperative tipe group investigation, (2) mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X dengan menggunakan model cooperative tipe group investigation di MA Miftahul Jannah Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan metode investigasi dan kerjasama kelompok pada subjek penelitian. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model cooperative tipe group investigation peserta didik menjadi sangat baik yaitu siklus I rata-rata skor 1,85 dengan kategori cukup baik dan pada siklus II rata-rata skor 3,85 dengan kategori sangat baik, (2) Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X MA Miftahul Jannah Palangkaraya. Data hasil belajar peserta didik pada proses pra tindakan (pre test) memperoleh rata-rata 41 dengan ketuntasan klasikal 23,1%, sedangkan pada siklus I memperoleh rata- rata 62 dengan ketuntasan klasikal 53,8%, dan pada siklus II mengalami adanya peningkatan yaitu, memperoleh rata-rata 74 dengan ketuntasan klasikal 89,7%.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Diplan, dan Setiawan, MA. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperative Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kunandar. 2009. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Muliawati, Weni. 2010. Ilmu Ekonomi. Jakarta: Kencana.
Rudianto. 2007. Ilmu Ekonomi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Pregresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.