Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Materi OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar ekonomi siswa di kelas X IIS MA Mualimin UNIVA Medan.Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa pada materi OJK( Otoritas Jasa Keuangan) yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang variatif dan kurang melibatkan interaksi antar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian adalah siswa kelas X yang di bagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pretest dan posstest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji hipotesis( uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 71,32 lebih tinggi di bandingkan kelas kontrol 60,88 . Hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung ˂ Ftabel yaitu 1,52 < 1,78. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2 tailed) 0,003 < 0,05, artinya H0 ditolak dan Ha diterima Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar ekonomi pada materi OJK siswa kelas X IIS MA Mualimin UNIVA Medan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Akmal, I. A., Pangestu, D., & Erni, E. (2024). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(3), 442–449. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i3.201
Aprialda, G., Solihat, A. N., & Gumilar, R. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 12(1), 247–258 DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jp.v12i1.10419
Apriliani, K., Ilah, I., & Dedeh, D. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make and Match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Baregbeg. J-KIP: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 62–69. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8889
Atikah, A., Ayuni, F., Hidayat, I., & Gusmaneli, G. (2024). Implementasi strategi cooperative learning dalam pembelajaran. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 90-105.DOI: https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1458
Ulfa, D. S. M., Sulianto, J., & Widyaningrum, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Mranggen 4. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1469-1479.DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.852
Putri, K. M. F., Ranti, L. R., & Ringkat, G. H. F. (2024). Artikel model pembelajaran cooperative learning. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 01-06.DOI: https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2770
Mawaddah, N. K., & Zulkifli, M. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Paikem Dengan Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan TA 2022/2023. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 2(2), 1393-1396.
https://melatijournal.com/index.php/Metta/article/view/399
Murniati, S. S., & Hasibuan, M. Z. (2022). Pembelajaran Kooperatif Gallery Of Learning Terhadap Hasil Belajar Adminstrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 74-80.DOI: https://doi.org/10.32696/jpips.v3i1.1301
Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69-81.DOI: https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2869
D., & Rahmawati, F. (n.d.). Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakses dari http://contoh.url
Pelawi, D. J. B. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar PKN pada materi Pancasila di kelas III SD Negeri 068005 Medan Tuntungan T.A. 2023/2024 [Doctoral dissertation, Universitas Quality]. http://repository.universitasquality.ac.id/
Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh model kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405
Samio, S., Nasution, I. N., & Lestari, W. (2021). Tinjauan hasil belajar ekonomi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan Talking Stick pada siswa SMA. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU, 10(1), 163–171. Diakses dari https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/4341
Sari, I. N., Haidar, K., & Ellyawati, N. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Bengkal. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 5(1), 21–34. https://doi.org/10.30872/prospek.v5i1.2416
Siahaan, D., Sinaga, R., Sitepu, A., Abi, A. R., & Pinem, I. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 101905 Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 151–160. https://doi.org/10.54367
Syarofi, S. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Swasta Teladan Medan tahun ajaran 2018/2019 (Skripsi sarjana). Universitas Negeri Medan. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34300
Topandra, M., & Hamimah, H. (2020). Model kooperatif tipe Make A Match dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1256–1268. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.592