Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Materi OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Main Article Content

Ema Trisdayanti
Mhd. Zulkifli Hasibuan
Samio Samio
Rijal Rijal

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar ekonomi siswa di kelas X IIS MA Mualimin UNIVA Medan.Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa pada materi OJK( Otoritas Jasa Keuangan) yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang variatif dan kurang melibatkan interaksi antar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen  dengan desain Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian adalah siswa kelas X yang di bagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pretest dan posstest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji hipotesis( uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata  pada kelas eksperimen 71,32 lebih tinggi di bandingkan kelas kontrol 60,88 . Hasil penelitian diperoleh  nilai Fhitung ˂  Ftabel  yaitu 1,52 < 1,78. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2 tailed)  0,003 < 0,05, artinya H0 ditolak  dan  Ha diterima Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar ekonomi pada materi OJK siswa kelas X IIS MA Mualimin UNIVA Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Trisdayanti, E., Hasibuan, M. Z. ., Samio, S., & Rijal, R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Materi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 41–49. https://doi.org/10.33084/neraca.v11i1.11278
Section
Articles
Author Biographies

Ema Trisdayanti, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Mhd. Zulkifli Hasibuan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Samio Samio, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Rijal Rijal, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

References

Akmal, I. A., Pangestu, D., & Erni, E. (2024). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(3), 442–449. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i3.201

Aprialda, G., Solihat, A. N., & Gumilar, R. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 12(1), 247–258 DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jp.v12i1.10419

Apriliani, K., Ilah, I., & Dedeh, D. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make and Match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Baregbeg. J-KIP: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 62–69. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8889

Atikah, A., Ayuni, F., Hidayat, I., & Gusmaneli, G. (2024). Implementasi strategi cooperative learning dalam pembelajaran. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 90-105.DOI: https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1458

Ulfa, D. S. M., Sulianto, J., & Widyaningrum, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Mranggen 4. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1469-1479.DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.852

Putri, K. M. F., Ranti, L. R., & Ringkat, G. H. F. (2024). Artikel model pembelajaran cooperative learning. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 01-06.DOI: https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2770

Mawaddah, N. K., & Zulkifli, M. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Paikem Dengan Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan TA 2022/2023. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 2(2), 1393-1396.

https://melatijournal.com/index.php/Metta/article/view/399

Murniati, S. S., & Hasibuan, M. Z. (2022). Pembelajaran Kooperatif Gallery Of Learning Terhadap Hasil Belajar Adminstrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 74-80.DOI: https://doi.org/10.32696/jpips.v3i1.1301

Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69-81.DOI: https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2869

D., & Rahmawati, F. (n.d.). Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakses dari http://contoh.url

Pelawi, D. J. B. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar PKN pada materi Pancasila di kelas III SD Negeri 068005 Medan Tuntungan T.A. 2023/2024 [Doctoral dissertation, Universitas Quality]. http://repository.universitasquality.ac.id/

Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh model kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405

Samio, S., Nasution, I. N., & Lestari, W. (2021). Tinjauan hasil belajar ekonomi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan Talking Stick pada siswa SMA. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU, 10(1), 163–171. Diakses dari https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/4341

Sari, I. N., Haidar, K., & Ellyawati, N. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Bengkal. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 5(1), 21–34. https://doi.org/10.30872/prospek.v5i1.2416

Siahaan, D., Sinaga, R., Sitepu, A., Abi, A. R., & Pinem, I. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 101905 Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 151–160. https://doi.org/10.54367

Syarofi, S. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Swasta Teladan Medan tahun ajaran 2018/2019 (Skripsi sarjana). Universitas Negeri Medan. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34300

Topandra, M., & Hamimah, H. (2020). Model kooperatif tipe Make A Match dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1256–1268. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.592