Pengaruh Penguasaan Tata Bahasa Dan Lingkungan Pendidikan Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Dengan Minat Baca Sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Mahasiswa Asmi Cinus Banjarmasin)
The Effect of Grammar Mastery and the Educational Environment on English Language Skills with Reading Interests as Varieties Between (Case Study Asmi Cinus Banjarmasin Students)
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1743Keywords:
Penguasaan Tata Bahasa, Lingkungan Pendidikan, Kemampuan Berbahasa Inggris, Minat BacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penguasaan Tata Bahasa Dan Lingkungan Pendidikan Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Dengan Minat Baca Sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Mahasiswa Asmi Cinus Banjarmasin). Metode analisis data menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan metode Analisis Regresi Linear Berganda dengan alat analisis Smart PLS3, untuk megetahui pengaruh dari masing-masing variabel terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Dengan Minat Baca Sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Mahasiswa Asmi Cinus Banjarmasin). Hasil penelitian menunjukan Variabel Penguasaan tata bahasa tidak berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa inggris pada Mahasiswa Asmi Cinus Banjarmasin diketahui memiliki nilai P Value 0,164, lebih besar dari 0,05. Variabel lingkungan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berbahasa inggris pada Mahasiswa Asmi Cinus Banjarmasin diketahui memiliki nilai P Value 0,00, lebih kecil dari 0,05. Variabel penguasaan tata bahasa berpengaruh signifikan terhadap minat baca pada Mahasiswa Asmi Cinus Banjarmasin diketahui memiliki nilai P Value 0,00, lebih kecil dari 0,05. Variabel lingkungan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap minat baca pada Mahasiswa Asmi Cinus Banjarmasin diketahui memiliki nilai P Value 0,00, lebih kecil dari 0,05. Variabel minat baca berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berbahasa inggris pada Mahasiswa Asmi Cinus Banjarmasin diketahui memiliki nilai P Value 0,008, lebih kecil dari 0,05.
Downloads
References
Baswir, Revrisond. 2003. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE-UGM
Bimo, Walgito, 2004. Pengantar Psikologi Umum, Andi, Jakarta
Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran Dan Peengajaran Bahasa. Jakarta: Person Education
Darwin (eds), Muhadjir .2010. Dinamika kependudukan dan penguatan governance. Yogyakarta
Depdiknas. 2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti.
Djiwandono, Soernadi. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Fadjri, Panpan Achmad .2000. Analisis kualitas sumber daya manusia menurut kota di Indonesia”, Warta Demografi, 30 No.3: 34-39
Ferdinand, Augusty. 2005. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. BP Universitas Diponogoro : Semarang
Ferdinand, Augusty. 2011. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3, AGF Books, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. Latan, H .2012. Partial Least Square : Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hasbullah. 2006. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa
Hendri. 2013. Students' Ability to Use Descriptive Adjective in Sentence. Pedagogik Jurnal Pendidikan 11(1):14-23
Hermanto .2011 .Konsep Minat. http://kasturi82.blogspot.com/2011/12/konsep-minat.html pada tanggal 15 Februari 2019
Hermawan, Agus .2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga
Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Husain, Abdul Rajak. 1993. Bahasa Indonesia Baku. Solo: CV Aneka
Hussein, Ananda Sabil. .2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan smartPLS 3.0. Modul Ajar. Univeristas Brawijaya
Jailani, Muhammad. 2017. Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang Tua dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Journal of Economic Education 6(1):52-59.
Kuncoro, 2017, Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris.
Kyridis, A. Tsakiridou, E. Zagkos, C. Koutouzis, M & Tziamtzi, C. (2011). “Educational inequalities and school droup in greece”. International Journal of Education, Vol 3, No . 2: 1-15
M. Syawaludin, 2013, Hubungan Lingkungan Dengan Aktivitas Muhadasah Dalam Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ibnul Qoyim Putra
Mu’in, Idianto. 2004. Pengetahuan Geografi. Grasindo. Jakarta
Narimawati, Umi .2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media
Nazili, Ahmad, Shaleh, 2011. Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media
Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang : IKIP Malang Press
Pradipta, Bintang, 2016, Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dengan Minat Belajar Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Pleret Bantul
Rahim, Farida .2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara
Rona, Afrianti, 2015. Pengaruh Penguasaan Kosakata, Tata Bahasa, Dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berbahasa Indonesia Siswa
Rukmana, Ade dan Asep Suryana .2006. Pengelolaan kelas. Bandung. UPIPRESS.
Rusda .2017. Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik Di Sdn 2 Pulau Sarappo Lompo Kec. Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep
Sabarti, Akhadiah, dkk .1991. Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia Jakarta Erlangga
Santosa, Prima Pantau Putri .2017. Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Membaca Teks Persuasif Bahasa Inggris Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Depok
Saroni, Muhammad. 2011. Manajemen Sekolah Kita Menjadi Pendidik Yang Kompeten. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta
Setyowati, Heny .2016. Pengaruh Minat Membaca Terhadap Kemampuan Berbahasa Kelas V Sdn Se-Gugus Ii Gembongan
Slameto .1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Salatiga : Bina Aksara
Soeatminah .1992. Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih .2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Yogyakarta: Ardana Media
Tarigan .1979. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung
Tarigan, Henry Guntur .1986. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Tarigan, Henry Guntur .1989. Metodologi Pengajaran Bahasa.Jakarta: Depdikbud
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan .2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa.Bandung: Angkasa Bandung.
Thoha, Miftah .1998. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Tilaar, HAR .2003. Pendidikan dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI. Jakarta: Balai Pustak
Todaro, M. P. dan S. C. Smith .2006. Pembangunan Ekonomi. Jilid 2. Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga
Tulus, Tu’u .2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo
Wiryodijoyo, Suwaryono .1989. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekhniknya. Jakarta: P2LPTK
Yuliatun .2009. Hubungan Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri 2 Bulusulur Di Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri
Zagladi, Arief Noviarakhman, Fredy Jayen, Sutrisno, Melania .2018. Pedoman Penulisan Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.