Upaya Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Samba Danum Efforts To Implement Cooperative Learning With The Think Pair Share Method To Increase Motivation In IPS Lesson Learning In Grade IV Students Of SD Negeri 1 Samba Danum
Main Article Content
Abstract
Hasil penelitian yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas IV SD Negeri 1 Samba Danum menyatakan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar hal-hal yang menjadi indikator motivasi belajar siswa yaitu meliputi: 1) perhatian siswa terhadap penjelasan guru, 2) keberanian siswa dalam bertanya, dan 3) keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan, serta peningkatan hasil belajar siswa yang menjadi indikator hasil belajar yaitu nilai hasil belajar siswa yang diketahui setelah diadakan tes di setiap akhir pelajaran. Pembelajaran yang menggunakan metode Think Pair Share terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa serta berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Samba Danum pada pelajaran IPS. Proses pembelajaran melalui metode Think Pair Share yang di terapkan oleh peneliti dengan lebih mengaktifkan siswa dan sepenuhnya proses pembelajaran berpusat pada siswa. Dengan asumsi bahwa semua resitasi atau diskusi membutuhkan pengaturan untuk mengendalikan kelas secara keseluruhan, dan prosedur yang digunakan dalam metode Think Pair Share dapat memberi siswa lebih banyak waktu berpikir, untuk merespon dan saling membantu. Pembahasan hasil penelitian ini dibuktikan bahwa dari 15 siswa hanya 6 siswa yang termotivasi dengan prosentase 40% setelah diterapkan metode Think Pair Share naik menjadi 14 siswa dengan prosentase 93,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan metode Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Samba Danum terbukti kebenarannya.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Arikunto, Suharsimi Dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
Asmani Jamali, Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: IKAPPI.
Endah Neni Mastuti. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartanti, Jana Dwi. 2011. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Gantiwarno kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Iin, Anggraini. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 14(1):35-42.
Kasihani. 2009. Model-model Pembelajaran. Universitas Negeri Malang: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 15.
Mella Evrilianti R. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Bagi Siswa Kelas IV SDN 3 Kalongan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nazir. 1999. Metode Penelitian. V. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.
Nela Nur Rohimah. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIM Gedongan Pada Mata Pelajaran PKN Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurhadi. Kurikulum 2004 Pertanyaan Dan Jawaban. Jakarta: PT Gramedia.
Riadin, Agung dan Muhammad Jailani. 2019. Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 14(2):60-70.
Samino dan Saring Marsudi. 2011. Layanan Bimbingan Belajar Pedoman Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Surakarta : Fairus Media
Setiawan, M Andi. 2018. PENELITIAN TINDAKAN KELAS Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Deepublish.
Rina, Hendri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada SDN-6 Panarung Palangka Raya Kelas IVB Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1):21-25.