Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inside Outside Circle Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V B SD Negeri 1 Batu Badinding Through The Implementation Of The Inside Outside Circle Learning Method To Improve The Achievement Of Ips Material Learning Proclamation Of Indonesian Independence In Grade V B Students Of SD Negeri 1 Batu Badinding

Main Article Content

Yelita Yelita

Abstract

Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V B dengan Pokok Bahasan Proklamasi kemerdekaan Indonesia, setelah diadakan evaluasi pada kondisi awal diperoleh hasil yang tidak memuaskan dimana sebanyak 9 siswa atau 34,62% tidak tuntas karena di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sedangkan yang mempunyai nilai di atas KKM sebanyak 17 siswa atau 65,38%.  Untuk itu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode Inside Outside Circle. Hasil siklus I adalah sebanyak 22 siswa atau 84,62% tuntas, sedangkan 4 siswa atau 15,38% siswa tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Tingkat ketuntasan ini sudah di atas 85%. Tetapi rata-rata prestasi belajar (79,15) masih berada di bawah rata-rata sesuai indikator keberhasilan yaitu 75, maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Hasil yang dicapai pada siklus II adalah sebanyak 24 siswa atau 92,31% tuntas dan 2 siswa atau 7,69% tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan 92,31% yang berada di atas 85% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode Inside Outside Circle telah berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yelita, Y. (2020). Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inside Outside Circle Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V B SD Negeri 1 Batu Badinding: Through The Implementation Of The Inside Outside Circle Learning Method To Improve The Achievement Of Ips Material Learning Proclamation Of Indonesian Independence In Grade V B Students Of SD Negeri 1 Batu Badinding. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 30–36. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1892
Section
Articles
Author Biography

Yelita Yelita, SD Negeri 1 Batu Badinding

SD Negeri 1 Batu Badinding

References

Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur. 1991. Ilmu Pendidikan. Cet. Ke-1. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zaini, Aswan. 1996. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Cet. Ke-3. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1994. Metodologi Researh: untuk Penulisan Paper, Tesis dan Disertasi. Cet. Ke-21. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. Ke-8. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
-----------------. 2003. Proses Belajar Mengajar. Cet. Ke-2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
-----------------. 1999. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran: Dasar dan
Strategi Pelaksanaannya di Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Trigenda Karya. Isjoni. 2009. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Cet. Ke-2. Bandung: Alfabeta.
Iskandar, Sali. 1990. Pengantar Praktis Kewirausahaan. Bandung: Al Ghifari.
Ivos K Davis. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: CV. Rajawali Pers.
Jailani, Muhammad. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Role Playing Berbantuan Media Papan Flanel Pada Peserta Didik Kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(1):24-30.
Jusuf, Haryono Al. 2001. Dasar-dasar Akuntansi Jilid I. Edisi 5. Yogyakarta: STIE YKPN.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Cet. Ke-6. Jakarta: Grasindo.
Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2005. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Berbasis Kompetensi. Cet. Ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar-Mengajar. Cet. Ke-10. Jakarta: Bumi Aksara.
Pidarta, Made. 1997. Landasan Pendidikan. Cet. Ke-1. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Salim, Peter dan Salim, Yenny. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta : Modern English Press.
Setiawan, M Andi dan Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Setyawan, Dedy dan Melda Arumi. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Peserta Didik Kelas 2 SDN-1 Pahandut Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1):62-67.
Soekanto, Soerjono. 1986. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press. Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Surakhmad, Winarno. 1994. Pengantar Ilmu Dasar Metode dan Teknik. Bandung: CV. Tarsito.
Tafsir, Ahmad. 1996. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, Moh. Uzer dan Setiawati, Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar-Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Zuchdi, Darmiyati. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca,.
Zuhairini. 2004. Pendidikan Berparadigma Profetik. Cet. Ke-1. Jogjakarta: Ircisod