Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inside Outside Circle Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V B SD Negeri 1 Batu Badinding Through The Implementation Of The Inside Outside Circle Learning Method To Improve The Achievement Of Ips Material Learning Proclamation Of Indonesian Independence In Grade V B Students Of SD Negeri 1 Batu Badinding
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V B dengan Pokok Bahasan Proklamasi kemerdekaan Indonesia, setelah diadakan evaluasi pada kondisi awal diperoleh hasil yang tidak memuaskan dimana sebanyak 9 siswa atau 34,62% tidak tuntas karena di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sedangkan yang mempunyai nilai di atas KKM sebanyak 17 siswa atau 65,38%. Untuk itu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode Inside Outside Circle. Hasil siklus I adalah sebanyak 22 siswa atau 84,62% tuntas, sedangkan 4 siswa atau 15,38% siswa tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Tingkat ketuntasan ini sudah di atas 85%. Tetapi rata-rata prestasi belajar (79,15) masih berada di bawah rata-rata sesuai indikator keberhasilan yaitu 75, maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Hasil yang dicapai pada siklus II adalah sebanyak 24 siswa atau 92,31% tuntas dan 2 siswa atau 7,69% tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan 92,31% yang berada di atas 85% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode Inside Outside Circle telah berhasil.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zaini, Aswan. 1996. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Cet. Ke-3. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1994. Metodologi Researh: untuk Penulisan Paper, Tesis dan Disertasi. Cet. Ke-21. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. Ke-8. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
-----------------. 2003. Proses Belajar Mengajar. Cet. Ke-2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
-----------------. 1999. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran: Dasar dan
Strategi Pelaksanaannya di Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Trigenda Karya. Isjoni. 2009. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Cet. Ke-2. Bandung: Alfabeta.
Iskandar, Sali. 1990. Pengantar Praktis Kewirausahaan. Bandung: Al Ghifari.
Ivos K Davis. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: CV. Rajawali Pers.
Jailani, Muhammad. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Role Playing Berbantuan Media Papan Flanel Pada Peserta Didik Kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(1):24-30.
Jusuf, Haryono Al. 2001. Dasar-dasar Akuntansi Jilid I. Edisi 5. Yogyakarta: STIE YKPN.
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Cet. Ke-6. Jakarta: Grasindo.
Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2005. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Berbasis Kompetensi. Cet. Ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar-Mengajar. Cet. Ke-10. Jakarta: Bumi Aksara.
Pidarta, Made. 1997. Landasan Pendidikan. Cet. Ke-1. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Salim, Peter dan Salim, Yenny. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta : Modern English Press.
Setiawan, M Andi dan Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Setyawan, Dedy dan Melda Arumi. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Peserta Didik Kelas 2 SDN-1 Pahandut Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1):62-67.
Soekanto, Soerjono. 1986. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press. Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Surakhmad, Winarno. 1994. Pengantar Ilmu Dasar Metode dan Teknik. Bandung: CV. Tarsito.
Tafsir, Ahmad. 1996. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, Moh. Uzer dan Setiawati, Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar-Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Zuchdi, Darmiyati. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca,.
Zuhairini. 2004. Pendidikan Berparadigma Profetik. Cet. Ke-1. Jogjakarta: Ircisod