Peningkatan Pembelajaran Sepakbola Menggunakan Permainan Sepakbola Mini Pada Peserta Didik Kelas V-A Sdn 4 Bukit Tunggal

Improving Football Learning Using Mini Soccer Games for Class V-A Sdn 4 Students Bukit Tunggal

Authors

  • Marhat Marhat SDN 4 BUKIT TUNGGAL PALANGKARAYA

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2639

Keywords:

Pembelajaran SepakBola, Permainan SepakBola Mini, Pendidikan Jasmani

Abstract

Penelitian ini adalah perlunya meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran sepakbola dengan menggunakan permainan sepakbola mini pada Peserta didik Kelas V-A SDN 4 Bukit Tunggal Kota Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran sepakbola menggunakan permainan sepakbola mini pada Peserta didik Kelas V-A. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran sepakbola menggunakan permainan sepakbola mini pada Peserta didik Kelas V-A.

Dari hasil pengamatan yang diperoleh dengan bantuan check list dapat diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan aspek psikomotor, kognitif, dan afektif dari Peserta didik Kelas V-A SDN 4 Bukit Tunggal Kota Palangka Raya setelah diberikan pembelajaran terjadi peningkatan, pada siklus I dan siklus II prosentase mengalami peningkatan dari 73,9 % menjadi 86,4 %. Begitu juga dengan prosentase ketuntasan pada siklus I hanya mencapai 57,1 % dari jumlah Peserta didik yang ada. Dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 92,9 %.

Dengan demikian tindakan pembelajaran sepakbola dengan menerapkan permainan sepakbola mini pada Peserta didik Kelas V-A SDN 4 Bukit Tunggal Kota Palangka Raya dapat dikatakan berhasil. Dan diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk dapat menerapkan permainan sepakbola mini pada Peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marhat Marhat, SDN 4 BUKIT TUNGGAL PALANGKARAYA

References

Aqip Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas : Untuk Guru SD, SDLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya.
Andi, Muhammad. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas Dan Guru Bimbingan Konseling. Deepublish. 1:67.
Darsono,. 2000. Belajar pembelajaran. Semarang. Ikip Semarang Press Depdiknas, Suharsimi A, Suhardjono dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan
H.J.S. Husdarta. 2009 Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa E. 2005. Kurikulum berbasis kompetensi, konsep, karakteristik dan implementasi. Bandung : remaja rosdakarya.
Phill Yanuar Kiram. 1992. Belajar Motorik. Jakarta : Dirjen Dikti. Sucipto, dkk. 2000. Sepak Bola. Jakarta : Depdiknas
Putra, Chandra Anugrah. 2019. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. 137.
Sugiyanto dan Sudjarwo. 1993. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta : DEPDIKBUD.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Supandi.1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tri Hananto Budi Santoso, dkk. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Sd Kelas V. Jakarta : Erlangga.

Downloads

Published

2021-05-05

How to Cite

Marhat, M. (2021). Peningkatan Pembelajaran Sepakbola Menggunakan Permainan Sepakbola Mini Pada Peserta Didik Kelas V-A Sdn 4 Bukit Tunggal: Improving Football Learning Using Mini Soccer Games for Class V-A Sdn 4 Students Bukit Tunggal. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 16–25. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2639