Peningkatan Pembelajaran Sepakbola Menggunakan Permainan Sepakbola Mini Pada Peserta Didik Kelas V-A Sdn 4 Bukit Tunggal Improving Football Learning Using Mini Soccer Games for Class V-A Sdn 4 Students Bukit Tunggal
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah perlunya meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran sepakbola dengan menggunakan permainan sepakbola mini pada Peserta didik Kelas V-A SDN 4 Bukit Tunggal Kota Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran sepakbola menggunakan permainan sepakbola mini pada Peserta didik Kelas V-A. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran sepakbola menggunakan permainan sepakbola mini pada Peserta didik Kelas V-A.
Dari hasil pengamatan yang diperoleh dengan bantuan check list dapat diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan aspek psikomotor, kognitif, dan afektif dari Peserta didik Kelas V-A SDN 4 Bukit Tunggal Kota Palangka Raya setelah diberikan pembelajaran terjadi peningkatan, pada siklus I dan siklus II prosentase mengalami peningkatan dari 73,9 % menjadi 86,4 %. Begitu juga dengan prosentase ketuntasan pada siklus I hanya mencapai 57,1 % dari jumlah Peserta didik yang ada. Dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 92,9 %.
Dengan demikian tindakan pembelajaran sepakbola dengan menerapkan permainan sepakbola mini pada Peserta didik Kelas V-A SDN 4 Bukit Tunggal Kota Palangka Raya dapat dikatakan berhasil. Dan diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk dapat menerapkan permainan sepakbola mini pada Peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Andi, Muhammad. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas Dan Guru Bimbingan Konseling. Deepublish. 1:67.
Darsono,. 2000. Belajar pembelajaran. Semarang. Ikip Semarang Press Depdiknas, Suharsimi A, Suhardjono dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan
H.J.S. Husdarta. 2009 Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa E. 2005. Kurikulum berbasis kompetensi, konsep, karakteristik dan implementasi. Bandung : remaja rosdakarya.
Phill Yanuar Kiram. 1992. Belajar Motorik. Jakarta : Dirjen Dikti. Sucipto, dkk. 2000. Sepak Bola. Jakarta : Depdiknas
Putra, Chandra Anugrah. 2019. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. 137.
Sugiyanto dan Sudjarwo. 1993. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta : DEPDIKBUD.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Supandi.1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tri Hananto Budi Santoso, dkk. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Sd Kelas V. Jakarta : Erlangga.