Peningkatan Kemampuan Lompat Jauh Peserta Didik Menggunakan Media Kardus Bekas Kelas IV Sdn 4 Bukit Tunggal Palangkaraya Improving Students Long Jump Ability Using Used Cardboard Media Class IV Sdn 4 Bukit Tunggal Palangkaraya
Main Article Content
Abstract
Untuk mempelajari penjaskses maka tugas guru adalah menyajikan mata pelajaran tersebut dalam situasi yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik. Selain itu dipahami bahwa peserta didik kelas tinggi khususnya kelas IV sekolah dasar.Untuk menghadirkan pengalaman konkrit dalam bentuk nyata khususnya dalam pelajaran Penjaskes konsep ataupun praktek (pengelolaan jasmani), maka seorang guru hendaknya menggunakan media/ alat peraga sehingga pengalaman belajar yang dimilikioleh peserta didik benar-benar nyata dan tersimpan dengan baik dalam pemahaman peserta didik.
Aktifitas olahraga bagi peserta didik kelas IV sekolah dasar bukanlah merupakan pengalaman yang bersifat abstrak. Oleh karena itu penggunaan alat peraga kardus bekas yang tepat sangat penting dilakukan untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari praktek lompat jauh.Salah satu alternative alat peraga yang bias digunakan dalam praktek lompat jauh adalah Kardus Bekas (KB).
Rata-rata skor perolehan kemampuan lompat jauh peserta didik dari siklus I ke siklus 2 terjadi peningkatan. Selain skor rata-rata ketuntasan belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II jugaterjadipeningkatan.Hal ini disebabkan karena penggunaan alat peraga Kardus Bekas (KB) dengan perbaikan manajemen kelas yang lebih baik yang dilakukan secara berkelompok.Terjadi peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik yang ditandai dengan peningkatan keaktifan peserta didik baik dalam bentuk minat belajar, perhatian terhadap pelajaran, angka partisipasi, dan presentasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Penjaskes dengan menggunakan alat peraga Kardus Bekas (KB).
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Diplan & M.Andi Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.
Fanny. 2013. Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama. 14,16.
Fatchurahman, Mohammad, Muhammad Andi Setiawan, dan Karyanti. 2021. The development of group healing storytelling model in multicultural counselling services in Indonesian schools: Examination of disciplinary cases. Образование и наука. 23:4(157-180).
Lysa Anggrayni & Yusliati. 2018. Efektifitas Rehabilitas Pecandu Narkotika Serta Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kejahatan Di Indonesia. Sidoharjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Permadi, Ade Salahudin dan Rahmani. 2020. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Google Apps For Education. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 5:2(48-52).
Resiani. 2015. Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama. 14, 15.
Riadin, Agung, Muhammad Jailani dan Ummi Qudsiyah. 2020. Optimalisasi Kompetensi Dan Kinerja Guru Ekonomi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Berbasis ICT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). 4:6(1250-1261).
Ulfi Awwaliyah dkk. 2021. Antologi Pandemi 2020 Part#1. Riau: Yayasan Miftahul Ulum Kepenuhan.