Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Siswa Kelas I

Application of the PBL Model to improve the ability of Addition and Subtraction Count Operations for Class I students

Authors

  • Ratti Ratti SDN 1 SEI GOHONG

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2643

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Model Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I SDN 1 Sei Gohong berdasarkan hasil refleksi guru kelas dimana 50%  siswa mendapat nilai dibawah KKM dalam menghitung penjumlahan dan pengurangan. Untuk itu, peneliti menggunakan strategi problem based learning.  Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan  pengurangan melalui kegiatan pembelajaran yang menarik, dan meningkatkan antusias siswa dalam belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) untuk mengetahui penerapan strategi  problem based learning dalam materi berhitung penjumlahan dan pengurangan pada  siswa kelas I SDN 1 Sei Gohong  . 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I SDN 1 Sei Gohong.

Metode penelitian ini menggunakan PTK model Kurt Lewin. Subjek  penelitian ini adalah 10 siswa kelas I SDN 1 Sei Gohong. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus (Siklus I dan Siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan berhitung pada siklus I sebesar 70% dengan nilai minimal 50 dan maksimal 95. Siklus II menunjukan ketuntasan klasikal sebesar 90% dengan nilai minimun 95 dan nilai maksimum 100.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ratti Ratti, SDN 1 SEI GOHONG

References

Amir, M.Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.
(Jakarta:Kencana).
Andi, Muhammad dan Diplan Setiawan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. Deepublish. 1:67.
Andriani, Mestawaty dan Ritman Ishak Paudi. 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda di Kelas IV SDN 1 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako. (Ogowele, ISSN 2354-614X).
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan (Bandung: ISSN 1412-565X).
Firnawaty Sutan. (2003). Mahir Matematika melalui Permainan. Jakarta: Puspa Swara.
Kokom Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual; Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Kurniawan, Agus Prasetyo. 2014. Strategi Pembelajaran Matematika. (Surabaya:
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group).
Ningrum, Dwi Setia. 2012. Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 1. Jurnal Pendidikan (Bandung : digilib UIN Sunan Gunung Djati).
Permadi Ade S, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdikbud.
Pratiwi, Ema. 2015. Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Yogyakarta: FKIP UAD).
Rineka Cipta).
Rosdakarya).
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada).
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media).
Simanjuntak, Lisnawaty. 1992. Metode Mengajar Matematika 1. (Jakarta: PT
Subarinah, Sri. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Sugandi Ahmad., dkk. (2004). Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.
Suharsimi Arikunto dkk, (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. (Bandung: PT Remaja
UIN Sunan Ampel Press).
Winarni, Endang Setyo. 2012. Matematka Untuk PGSD. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset).

Downloads

Published

2021-05-05

How to Cite

Ratti, R. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Siswa Kelas I: Application of the PBL Model to improve the ability of Addition and Subtraction Count Operations for Class I students. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 42–49. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2643