Penerapan Model Snowball Throwing Berbantuan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS

Application Of The Snowball Throwing Model Assisted By Learning Video Media To Improve The Quality Of IPS Learning

Authors

  • Kamalis Kamalis SDN 1 SEI GOHONG

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2645

Keywords:

Pembelajaran IPS, Snowball Trowing, Video Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran IPS di SD bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dasar siswa dalam kehidupan sosial. Hasil refleksi menunjukan rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, persentase ketuntasan 35%. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran pada siswa kelas IV SDN 1 Sei Gohong.

Penelitian tindakan kelas  dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus 3 pertemuan dengan subjek penelitian berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian dianalisis secara statistik kuantitatif dan deskriptif kualitatif  menunjukkan: (1) Aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 25,54 kategori baik, siklus II memperoleh rata-rata skor 33,08 dengan kategori sangat baik; (2) Hasil kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 65% pada siklus II menjadi 92%, hasil belajar afektif siklus I 7,23 dengan kategori baik, siklus II menjadi 9,08 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar psikomotrik siklus I 82,75 dengan predikat B, pada siklus II naik menjadi 90,5 dengan predikat A. Model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 1 Sei Gohong.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kamalis Kamalis, SDN 1 SEI GOHONG

References

Abu, Mohd Salleh. 2013. Improving the Levels of Geometric Thinking of Secondary School Students Using Geometry Learning Video based on Van Hiele Theory. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 2 (1): 16-22.
Adiputra, Taufiq Hidayat. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui model TPS dengan media video. Joyful Learning Journal Universitas Negeri Semarang. 2 (1): 1-5.
Almenoar, Lubna. 2014. Snowballing Using Quranic Verses In English. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE). 1 (7): 52-65
Anindyawati, Linaksita. 2012. Pemanfaatan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. 6 (6): 1-2.
Anitah, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Yrama Widya.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Baharuddin, dkk. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
BSNP. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Kelulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: BP Cipta Jaya.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gillies, Robyn M. 2003. Structuring cooperative group work in classrooms. International Journal of Educational Research. 39 (1-2): 35-49.
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hidayati, dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusumastuti, Anisa. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Think Pair Share berbantuan Video Pembelajaran pada Siswa Kelas VA SDN Bojong Salaman02 Kota Semarang. Joyful Learning Journal Universitas Negeri Semarang. 2 (3): 1-7
Majid, Abdul. 2013.Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya
Majid, Abdul.2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Murni, Yetri. 2013. Improved Student Learning Activities Learning IV Class IPS Through The Cooperative Model Type of Snowball Throwing In SDN 01 Kinali. Jurnal Universitas Bung Hatta. 2 (2): 1-8.
Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Putra, Chandra Anugrah, M Andi Setiawan, M Jailan dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Putri, Nizmi. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing di Kelas V SD. Jurnal Universitas Negeri Medan. 1 (1): 1-6
Riadin, Agung dan Ade Salahuddin Permadi. 2019. Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 14:1(18-28).
Rifa’i, Achmad dan Chatharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Bandung: PT Rajagrafindo Persada
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sardjiyo dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenada Media.
Taneo, Sivester Petrus, dkk. 2010. Kajian IPS SD. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Universitas Terbuka.
Widihastrini, Florentina. 2011. Penelitian Pendidikan SD. Semarang: PGSD UNNES.
Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Kencana.
Winataputra, Udin S, dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta.

Downloads

Published

2021-05-05

How to Cite

Kamalis, K. (2021). Penerapan Model Snowball Throwing Berbantuan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS: Application Of The Snowball Throwing Model Assisted By Learning Video Media To Improve The Quality Of IPS Learning. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 50–59. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2645