Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran Tahapan Hidup Hewan Pada Mata Pelajaran IPA
Improving Student Learning Outcomes Using Picture Media in Learning Animal Life Stages in Science Subjects
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2666Keywords:
Hasil Belajar IPA, Model STADAbstract
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 2 Tanjung Pinang yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif Pelaksanaan penelitian mencakup empat langkah, yaitu penyusun rencana, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi atas tindakan.
Dari hasil tes pra tindakan dapat dijabarkan bahwa skor rata-rata kelas adalah 48,80 dan hanya 4 orang yang masuk kriteria tuntas, sedangkan 21 orang lainnya masuk dalam kriteria tidak tuntas. Dari hasil tes pada siklus I diketahui bahwa 8 orang siswa yang masuk dalam kriteria tuntas, sedangkan 17 orang lainnya masuk dalam kriteria tidak tuntas. Dari hasil tes pada siklus II diketahui bahwa ada 1 orang yang masuk dalam kriteria tidak tuntas dan 24 orang lainnya masuk dalam kriteria tuntas. Peningkatan kemampuan dan pemahaman siswa terlihat dari data hasil belajar pada siklus I dan siklus II, dimana pada siklus I nilai rata-rata adalah 62,40% menigkat menjadi 91,20% pada siklus II ( meningkat 28,8%).
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPA pada konsep sifat cahaya merambat lurus dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas. Penerapan model pembelajaran ini juga dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan mencapai ketuntasan belajar siswa. Selain itu siswa juga dapat diarahkan untuk bekerja sama, saling menghargai, menggali ide-ide yang dimilikinya sehingga percaya diri dan mengalami pembelajaran yang menyenangkan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Menejemen Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. Dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Arsih, Cici. (2013). Efektivittas penggunaan metode student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar MTK pada peserta didik kelas V di SDN 1 Menteng Palangka Raya : Universitas Muhammadiyah PalangkaRaya.
Arsyad, Azhar. ( 2003). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Asrori, Muhammad. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana Prima.
Cancie dan Ade Salahuddin Permadi. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audio Visual pada Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 3:2(1-7).
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kurikulum Standar Kompetensi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Dwiki. (2006). Ilmu Ilmiah Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Hakim, Thursan. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspa Swara.
Hamalik, Oemar (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2008).Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Jennah, Rhodatul. ( 2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin : Antasari Press.
Kunandar. (2009). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.
Margono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Masitah. (2012). Skripsi Efektivitas Penggunaan Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SDN Telang Gemilang Kabupaten Barito Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012 : Universitas Muhammadiyah PalangkaRaya.
Masri, Kartini. (2009). Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penggunaan Media Alam Sekitar pelajaran Sains Sub Pokok Bahasan Bagian-Bagian Tumbuhan Tahun Ajaran 2008/2009 : Universitas Muhammadiyah PalangkaRaya.
Permendiknas. (2006). Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta .
Qudratillah. Dkk. (2011). Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Riduwan. ( 2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rositawaty, S. & Muharam Aris. (2008). Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4 Untuk SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan departemen Pendidikan Nasional.
Sadiman, Arief. Dkk. (2007). Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Prenada Media.
Sardiman A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Setiawan Muhammad Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Setiawan Muhammad Andi, Edwinda Rita anggraini dan Diplan. 2020. Pengembangan Metode Demonstrasi Berbasis Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. 1:57.
Setyawan Dedy dan Agung Riadin. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 15:1(1-9).
Slameto. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Sudijono, Anas ( 2005). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. ( 2004). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2007).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Alfabeta.
Suryanto, Adi. Dkk. (2008). Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Susilana, Rudi dan Riyana Cepi. (2007). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima
Susilo, Herawati. (2012). Penelitian Tindakan Kelas, Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang : Bayumedia Publishing.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional.
Widyastantyo, Hermawan. (2011). Social Sciences Education. (http://id.shvoong.com). Diakses 5 Mei 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.