Penerapan Metode Artikulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV
Application Of Articulation Method To Improve Activities Of Learning Islamic Religious Education For Class IV Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2820Keywords:
Penerapan Model Artikulasi, Aktivitas Belajar, PAIAbstract
Untuk meningkatkan Aktivitas belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan metode artikulasi dalam pelajaran PAI siswa kelas IV SDN 14 Palangka Kota Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di SDN 14 Palangka Kota Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Reseach) dilakukan di SDN 14 Palangka Kota Palangka Raya Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran PAI, Dimana sebelum diterapkannya metode artikulasi, keaktifan siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 46% siswa yang aktif. Namun setelah diterapkannya strategi tersebut, keaktifan siswa meningkat menjadi 61%. Sedangkan pada siklus kedua, keaktivan siswa tercapai pada persentase rata-rata 80% dengan demikian penggunaan metode artikulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV.
Downloads
References
Abu Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV.Pustaka Setia.
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Hamzah B. Uno. 2007. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Hartono. 2007. PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan,Pekanbaru: Zanafa.
Hisyam Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Insan Madani CTSD, Edisi Revisi.
Isjoni. 2007. Cooperative Efektivitas Pembelajaran Kelopok Bandung: Alfabeta. Muhammad Uzer Usman. 1976. Upaya Optimalisasi KBM, Bandung: Remaja. Nana Sudjana. 1989.CBSA dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Latifah, Ngalimun, Muhammad Andi Setiawan dan Makmur Haji Harun. 2020. Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 5:2(36-42).
Latifah, Ngalimun, Muhammad Andi Setiawan, Makmur Haji Harun. 2020. Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 5:2(36:42).
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester, Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Rineka Citpa. Toto Suryana. 2006. Pendidikan Agama Islam, Bandung: Tiga Mutiara.
Wardani¸ 2004. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: UT.
Zakiah Daradjat. 2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.