Penerapan Metode Artikulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Application Of Articulation Method To Improve Activities Of Learning Islamic Religious Education For Class IV Students
Main Article Content
Abstract
Untuk meningkatkan Aktivitas belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan metode artikulasi dalam pelajaran PAI siswa kelas IV SDN 14 Palangka Kota Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di SDN 14 Palangka Kota Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Reseach) dilakukan di SDN 14 Palangka Kota Palangka Raya Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran PAI, Dimana sebelum diterapkannya metode artikulasi, keaktifan siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 46% siswa yang aktif. Namun setelah diterapkannya strategi tersebut, keaktifan siswa meningkat menjadi 61%. Sedangkan pada siklus kedua, keaktivan siswa tercapai pada persentase rata-rata 80% dengan demikian penggunaan metode artikulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Abu Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV.Pustaka Setia.
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Hamzah B. Uno. 2007. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Hartono. 2007. PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan,Pekanbaru: Zanafa.
Hisyam Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Insan Madani CTSD, Edisi Revisi.
Isjoni. 2007. Cooperative Efektivitas Pembelajaran Kelopok Bandung: Alfabeta. Muhammad Uzer Usman. 1976. Upaya Optimalisasi KBM, Bandung: Remaja. Nana Sudjana. 1989.CBSA dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Latifah, Ngalimun, Muhammad Andi Setiawan dan Makmur Haji Harun. 2020. Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 5:2(36-42).
Latifah, Ngalimun, Muhammad Andi Setiawan, Makmur Haji Harun. 2020. Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 5:2(36:42).
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester, Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Rineka Citpa. Toto Suryana. 2006. Pendidikan Agama Islam, Bandung: Tiga Mutiara.
Wardani¸ 2004. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: UT.
Zakiah Daradjat. 2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.