Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Unit

Improving Mathematics Learning Activities And Results By Applying Unit

Authors

  • Lukman Lukman SDN 4 TANGKILING

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2823

Keywords:

Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika, Metode Pembelajaran Unit

Abstract

Pembelajaran dengan metode pembelajaran Unit merupakan konsep belajar yang membantu guru dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran dengan metode pembelajaran unit dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI di SDN 4 Tangkiling.

Dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika  dengan mencapai standar ideal. Dari 61,11 % pada Siklus l, dapat meningkat menjadi 70 % pada siklus II, dan siklus ke III 81,44 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Unit efektif dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI di SDN 4 Tangkiling.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lukman Lukman, SDN 4 TANGKILING

References

Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Ade S Permadi, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16:21).
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,Suharsimi.1997. Prossedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Arikunto,Suharsimi.2007.Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Basori,Khabib,dkk.2009.Matematika kelas VI Semester Ganjil.Klaten: PT Intan Pariwara.
Borich, G.D. 1994. Observation Skill of Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.
Depdiknas, 2004. Kurikulum 2004 SD . Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penelitian Sains. Depdiknas. Jakarta.
Depdiknas, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD . Model Silabus Kelas VI . BSNP. Depdiknas. Jakarta.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran Matematika . Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas.2003 Undang Undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
Djamarah dan Zein, (1990). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyani Sumantri dan Johan Permana 1995/1999. Strategi Belajar Mengajar Jakarta. Proyek PGSD Ditjen DIKTI Depdikbud. (*)
Setiawan, Muhammad andi & Diplan. 2018. PENELITIAN TINDAKAN KELAS Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. 1:67.
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Widodo,Afnan.2009.Buku Ajar Matematika untuk kelasa VI Semester Genap .Solo; Putra Kertonatan.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Lukman, L. (2021). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Unit: Improving Mathematics Learning Activities And Results By Applying Unit. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 13–21. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2823