Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Unit Improving Mathematics Learning Activities And Results By Applying Unit
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran dengan metode pembelajaran Unit merupakan konsep belajar yang membantu guru dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran dengan metode pembelajaran unit dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI di SDN 4 Tangkiling.
Dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan mencapai standar ideal. Dari 61,11 % pada Siklus l, dapat meningkat menjadi 70 % pada siklus II, dan siklus ke III 81,44 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Unit efektif dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI di SDN 4 Tangkiling.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Ade S Permadi, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16:21).
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,Suharsimi.1997. Prossedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Arikunto,Suharsimi.2007.Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Basori,Khabib,dkk.2009.Matematika kelas VI Semester Ganjil.Klaten: PT Intan Pariwara.
Borich, G.D. 1994. Observation Skill of Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.
Depdiknas, 2004. Kurikulum 2004 SD . Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penelitian Sains. Depdiknas. Jakarta.
Depdiknas, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD . Model Silabus Kelas VI . BSNP. Depdiknas. Jakarta.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran Matematika . Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas.2003 Undang Undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
Djamarah dan Zein, (1990). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyani Sumantri dan Johan Permana 1995/1999. Strategi Belajar Mengajar Jakarta. Proyek PGSD Ditjen DIKTI Depdikbud. (*)
Setiawan, Muhammad andi & Diplan. 2018. PENELITIAN TINDAKAN KELAS Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. 1:67.
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Widodo,Afnan.2009.Buku Ajar Matematika untuk kelasa VI Semester Genap .Solo; Putra Kertonatan.