Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Improving Student Activities in Indonesian Language Learning
Main Article Content
Abstract
Penggunaan alat bantu yang dimungkinkan dapat memberikan motivasi kepada siswa saat ini kurang diutamakan. Kadang-kadang ada guru yang dalam proses pembelajaran bertumpu pada “LKS”. Padahal,buku paket, model tiruan, real object dan sebagainya dapat dimanfaatkan secara optimal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Akibat paradigma yang kurang tepat tersebut, akhirnya dapat menimbulkan motivasi dan aktivitas siswa rendah.
Tujuan penelitian dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan guru dalam memvariasikan metode dan media pembelajaran. Observasi dilakukan dalam rangka pengumpulan data berupa data kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilakukan di kelas IX Semester ganjil SMP Negeri 14 Palangka Raya. Proses penelitian dilakukan dengan cara kolaborasi dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia lainnya. Siswa yang terlibat yaitu semua anggota kelas IX yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 putra dan 20 putri dengan karakter sama dengan siswa yang berada di kelas IX yang lain. Persamaan karakter ini dipandang dari kesamaan latar belakang sosial, ekonomi, dan budayanya.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Ade S Permadi, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Chandra A Putra, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Dimyati dan Mujiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Oemar,Hamatik.1990.Kurikulum dan Pembelajaran.Bandung : Bumi Aksara.
Purwanto ,Ngalim. 1990.Psikologi Belajar.Bandung : Logos.
Slamet.1995.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Salatiga: Rineka Cipta.