Penggunaan Metode Diskusi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama Kristen
Use of Discussion Methods in an Effort to Increase Interest Student Learning Against Christian Religious Education Lessons
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2826Keywords:
Metode Diskusi, Minat Belajar Siswa, Pendidikan Agama KristenAbstract
Tujuan penggunaan metode diskusi yakni agar siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar dengan cara membahas dan memecahkan masalah tertentu. Adapun manfaat penggunaan metode diskusi untuk Menumbuhkan Dan Membina Sikap Serta Perbuatan Siswa Yang Demokratis, Menumbuhkan Dan Mengembangkan Sikap Serta Cara Berpikir Kritis, Analitis, dan logis, memupuk rasa kerjasama, sikap toleransi dan rasa sosial dan membina kemampuan untuk mengemukakan pendapat dengan bahasa yang baik dan benar.
Metode yang digunakan adalah metode diskusi, pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian berlokasi di Kelas IVB SDN 6 Palangka, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Mata pelajaran yang diteliti adalah Pendidikan Agama Kristen (PAK). Hasil yang dicapai melalui penelitian ini juga menuntut guru untuk terus-menerus mengembangkan kreativitas dan kualitas diri dalam merancang metode dan hal-hal lain yang berkenan dengan pembelajaran. Di samping itu, guru juga dituntut mampu memompa semangat dan minat siswa dengan melibatkan siswa secara total baik pikiran, penglihatan, pendengaran dan psikomotor mereka.
Downloads
References
Abu Ahmadi, Metode Khusus Pendidikan Agama, (Bandung: Armico, 1986), 114.
Abu Ahmadi, Metode Khusus Pendidikan Agama, (Bandung: Armico, 1986), 114.
Armai Arief, Pengatar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Agama, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002, 148-149.
Armai Arief, Pengatar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Agama, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002, 148-149.
B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997), 149.
B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997), 149.
Depdiknas, Peningkatan Mutu PBM SD, Buku 2, 1997,19.
Depdiknas, Peningkatan Mutu PBM SD, Buku 2, 1997,19.
Dimyati dan Modjono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), 297.
Dimyati dan Modjono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), 297.
E.C Wragg, Ketrampilan Mengajar di Sekolah Dasar, (terj.), (Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia)1997, 5.
Hadari Nawawi, Pendidikan dalam Islam, (Surabaya: Usaha Nasional, 1993), 263.
John M. Echols dan Hasan Shadily, Kamus Indonesia-Inggris, Edisi ketiga, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 1992), 105.
John M. Echols dan Hasan Shadily, Kamus Indonesia-Inggris, Edisi ketiga, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 1992), 105.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995), 57.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995), 57.
Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991), 5.
Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991), 5.
Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991), 5.
Setiawan, Muhammad andi & Diplan. 2018. PENELITIAN TINDAKAN KELAS Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. 1:67.
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Balai Pustaka, 1984), 849.
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Balai Pustaka, 1984), 849.
Yulisa. S dan Jailani.M . 2019. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) pada Kelas X di SMA Negeri 1 Katingan Hilir. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi. 4:2(33-40).
Zakiyah Daradjat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995), 1.
Zakiyah Daradjat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995), 1.
Zuhairini, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983, Cet.Ke-8, 89.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.