Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menulis Slogan (BI) Dan Penggolongan Makhluk (IPA) Menggunakan Metode Konstruktivisme
Increasing Students' Learning Achievements Writing Slogans (BI) And Classification Of Creatures (IPA) Using Constructivism Methods
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2827Keywords:
Prestasi Belajar Siswa, Menulis Slogan, Metode KonstruktivismeAbstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi bahasa Indonesia di VI SD Negeri 4 Panarung didapatkan bahwa murid kelas VI SD Negeri 11 Palangka mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis khususnya menulis slogan dan materi penggolongan Hewan. Siswa terkadang sulit membedakan ciri-ciri slogan dengan konteks.
Kegiatan pembelajaran di sekolah menunjukkan kegiatan pembelajaran menulis belum optimal. Hal tersebut ditunjukkan kurang mampunya siswa dalam mengemukakan pendapat dan gagasannya secara kreatif serta kurang mampu mendapatkan dan mengumpulkan informasi yang aktual sebagai bahan tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis slogan dan materi Ilmu Pengetahuan Alam dengan metode konstrutivistik
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan oleh guru pada waktu mengajar di dalam kelas dan tujuannya untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran dengan menggunakan metode konstruktivistik.
Hasil Penlitian Penerapan metode konstruktivistik dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siklus I (72,02) dan siklus II (79,32).
Downloads
References
Ade S Permadi, Arna Purtina, Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16:21).
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.
Effendi, Uchjana Onong. 1992. Hubungan Masyarakat. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kasali, Rhenald. 1993. Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Graffiti
Musaba, Zulkifli. 1994. T erampil Menulis. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
Nur, Muhammad. 2001. Pendekatan Konstruktivistik. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Nurgiantoro, Burhan. 1987. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Setiawan, Muhammad Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27:31).
Sudjana, Nana. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suryanto, Alex dan Verly, Anita. 2004. Membangun Kompetensi. Jakarta: Esis.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Surabaya: SIC
Tarigan, Henri Guntur. 1994. Menulis. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim Penyusun. 2006.Paduan Penulisan Dan Penilaian Skripsi. Surabaya: UNESA.
Yanto, Nur. 2004. Upaya Peningkatan Pembelajaran Kalimat Aktif Dan Pasif Pada Siswa Kelas IA SLTP Negeri Driyorejo Dengan Pendekatan Konstruktivistik. Surabaya: UNES
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.