Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams – Achievement Divisions (STAD) Pada Pembelajaran PAK Application Of Cooperative Learning Model Type Student Teams – Achievement Divisions (STAD) In PAK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data awal hasil observasi, diketahui bahwa penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam belajar Pendidikan Agama Kristen di kelas VI SDN 1 Palangka adalah karena pembelajaran masih didominasi oleh guru. Untuk meningkatkan hasil belajar, maka guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang beragama Kristen yang berjumlah 9 orang. Model Pembelajaran yang digunakan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams– Achievement Divisions (STAD).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Kristen materi :”Muliakanlah Tuhan dengan Belajar” meningkat. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam siklus I 44% dan siklus II 89%.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Ade S, Arna Purtina, Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16:21).
Arends, R.I. (2008). Learning to teach: belajar untuk mengajar (ed.7th). (Terjemahan Helly Prajitno S. dan Sri Mulyantini S.). New York: McGraw Hill Companies. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).
Hulu, Y., Teo, F.P. (2010). Hidup yang berubah. Jakarta. BPK Gunung Mulia.
Hutabarat, O.R. (2005). Model-model pembelajaran aktif. Bandung: Bina Media Informasi.
Joyce, B., Weil, M., Calhoun, E. (2009). Models of teaching. (Terjemahan Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza). USA: Pearson Education. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).
Setiawan, Muhammad Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Slavin, R.E. (2009). Cooperative learning: theory, research and practice. (Terjemahan Nurulita). London: Allimand Bacon. (Buku asli diterbitkan tahun 2005).
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiriaatmadja, R. (2009). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.