Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penggunaan Strategi Problem Posing Berkelompok
Efforts To Increase Mathematics Learning Achievement Through The Use Of Group Posing Problem Strategies
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2841Keywords:
Belajar Matematika, Problem Posing Berkelompok, Prestasi BelajarAbstract
Siswa SMP Negeri 3 Palangka Raya dalam memahami materi Matematika tidak selalu melalui pendekatan problem posing, tetapi lebih diperoleh melalui cara lain, misalnya: ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Selama ini dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar guru selalu menoton di dalam mengemas pembelajarannya, sehingga siswa menjadi pasif, sebaiknya guru dalam mengelola pembelajaranan di kelas hendaknya menggunakan strategi belajar yang tepat salah satunya menerapkan pengunaan strategi problem posing berkelompok.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan September 2019 di SMP Negeri 3 Palangka Raya kelas VIII-10 semester I tahun pelajaran 2019/2020. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa nilai rata-rata siswa siklus I yaitu 74 dan naik di siklus II menjadi 75,73 sedangkan ketuntasan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu, siklus I (63%), siklus II (87%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Penggunaan Strategi Problem Posing Berkelompok dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Palangka Raya, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.
Downloads
References
Djamarah, S. B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta. Echols. John, M. dkk. 1995. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta. PT Gramedia.
Ibrahim, M., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Moleong. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Permadi Ade Salahudin dan Repitae Repitae. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 13:2(23-28).
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(95:100).
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1991. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sukis Waryono, dkk. 2008. Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar Panduan Belajar Matematika Terpadu untuk kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Tim Kreatif. 2010. Talenta Matematika Kelas VIII, Surakarta, Putra Nugrah
Toyep, M. 2010. Pembelajaran Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Problem Posing pada Materi Fluida Statik Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Tesis. Surabaya. Unesa.
Wardani I. G. A. K, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.