Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penggunaan Strategi Problem Posing Berkelompok Efforts To Increase Mathematics Learning Achievement Through The Use Of Group Posing Problem Strategies
Main Article Content
Abstract
Siswa SMP Negeri 3 Palangka Raya dalam memahami materi Matematika tidak selalu melalui pendekatan problem posing, tetapi lebih diperoleh melalui cara lain, misalnya: ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Selama ini dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar guru selalu menoton di dalam mengemas pembelajarannya, sehingga siswa menjadi pasif, sebaiknya guru dalam mengelola pembelajaranan di kelas hendaknya menggunakan strategi belajar yang tepat salah satunya menerapkan pengunaan strategi problem posing berkelompok.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan September 2019 di SMP Negeri 3 Palangka Raya kelas VIII-10 semester I tahun pelajaran 2019/2020. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa nilai rata-rata siswa siklus I yaitu 74 dan naik di siklus II menjadi 75,73 sedangkan ketuntasan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu, siklus I (63%), siklus II (87%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Penggunaan Strategi Problem Posing Berkelompok dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Palangka Raya, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Djamarah, S. B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta. Echols. John, M. dkk. 1995. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta. PT Gramedia.
Ibrahim, M., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Moleong. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Permadi Ade Salahudin dan Repitae Repitae. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 13:2(23-28).
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(95:100).
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1991. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sukis Waryono, dkk. 2008. Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar Panduan Belajar Matematika Terpadu untuk kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Tim Kreatif. 2010. Talenta Matematika Kelas VIII, Surakarta, Putra Nugrah
Toyep, M. 2010. Pembelajaran Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Problem Posing pada Materi Fluida Statik Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Tesis. Surabaya. Unesa.
Wardani I. G. A. K, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.