Penerapan Pembelajaran Berstrategi React Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK
The Application Of React Strategy Learning With A Contextual Approach In The Achievement Of Mathematic Communication Abilities Of Vocational School Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3558Keywords:
Strategi REACT, Kontekstual, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menelaah perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran berstrategi REACT dengan pendekatan kontekstual dan penerapan pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 1 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XI RPL 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI KGSP sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian post test only control group design. Instrumen dalam penelitian ini berupa yaitu tes kemampuan matematis berbentuk uraian dan sudah memenuhi kriteria tes yang layak untuk digunakan berdasarkan telaah ahli dan ujicoba terbatas. Hasil analisis data tes kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan nilai p-value sebesar 0,000 dengan signifikansi (α=0,05). Hasil tersebut menyimpulkan bahwa pembelajaran berstrategi REACT dengan pendekatan kontekstual yang diberikan di kelas eksperimen memiliki capaian yang lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran langsung di kelas kontrol.
Downloads
References
Arifin, Kartono & Sutarto. (2014). Keefektifan Strategi Pembelajaran React pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal KREANO jurusan matematika FMIPA UNNES Volume 5 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2014.
Chandra Anugrah Putra. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan. 18:2(20-101).
Fitriani, Fauziah & Elly.(2017). Pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPS SMA NEGERI 2 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2016/2017 [Skripsi].
Fortuna, Dantes & Sariyasa. (2014). Pengaruh strategi REACT terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa kelas V SD [Tesis]. Diterbitkan di e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014).
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika : Artikel AdMathEdu/Vol 7 No. 1/ Juni 2017. Izzati & Didi. (2010). Komunikasi Matematika dan Pendidikan Matematika Realistik : Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta.
Kadir. (2008). Kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran matematika. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika. ISSN 978-979-16353-1-8
Mairing, Jackson Pasini. (2017). STATISTIKA PENDIDIKAN Konsep & Penerapannya Menggunakan Minitab dan Microsoft Excel. Yogyakarta : ANDI
Menteri Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006-Standar Isi.
Musna, RR. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran REACT Pada Siswa MTs/SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
NCTM. (2000). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics.
Pratama, YA dan Nanda W. (2018). Efektivitas Pembelajaran React Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa : Jurnal Silogisme Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Vol 3 No 3 Desember 2018.
Riyanto, AI & Muslim, S. (2014). Penerapan strategi pembelajaran REACT untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 03 Nomor 02, Tahun 2014.
Sardiman A.M.,. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Tjandrawinata, Raymod R. 2016. Industri 4.0 : revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Working paper from Dexa Medica Group pada 2 February 2016.
Yahya, Muhammad. 2018. Era Industri 4.0 : Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Orasi Ilmiah professor Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Makassar Tanggal 14 Maret 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.