Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga
Efforts To Increase Mathematics Learning Achievement By Using Pros
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3559Keywords:
Alat Peraga, Prestasi BelajarAbstract
Media pembelajaran meliputi yang berupa sarana, prasarana, dan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau bahan pelajaran kepada subyek didik untuk memperjelas, memperlancar, dan lebih meningkatkan dan efektifitas dalam proses pembelajaran digunakan media pengajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya prestasi belajar matematika pada aspek bilangan pecahan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada siswa kelas III SDN Kuluk Bali.
Tempat penelitian tindakan kelas ini adalah di SDN Kuluk Bali. Tempat penelitian berlokasi di SDN Kuluk Bali, dimana tempat ini sekaligus tempat penulis melaksanakan tugas mengajar. Sampel yang penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Kuluk Bali yang terdiri 41 siswa. Nilai rata prestasi belajar Matematika siswa kelas III pada siklus I sebesar 67, pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 60,97 % ( 25 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa), pada siklus II sebesar 97,6 % (40 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Downloads
References
Hartoyo. 2006. Evaluasi Hasil Belajar dan Pengajaran Remedial. Surakarta : FKIP UNS.
Muhibbin Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung Remaja Rosda Karya
Nasution. 2003. Metode Research( Penelitian Ilmiah). Jakarta : Bumi Aksara. Nurdin dkk, 1999. Matematika untuk SD Kelas III , Bandung : Rosda Karya. Ngadino, 1986. Media Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Purwodarminto, 2005, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta balai Pustaka Roijakkers, 1982, Mengajar dengan Sukses, Jakarta : Gramedia.
Rizki Nur Anisa dan Agung Riadin. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada SDN 2 Selat Dalam. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3:1(53-61).
Sugiyono, 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
Suharsimi Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Renika Cipta.
Sulistriyo, 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : UNS Press.
Sumadi Suryabrata, 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Sutrisno Hadi, 2002. Statistik Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset
Sutopo, 2009. Psikologi Belajar. Surakarta : Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa.
UU RI No. 20, 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DPR RI.
Wahyudin; Sudrajat, 2004. Ensiklopedi Matematika untuk SLTP. Jakarta : Samudra Berlian.
Winkel, 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.