Pengaruh Evaluasi Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa The Effect Of Teacher Performance Evaluation On Student Learning Motivation
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu: Untuk mengetahui evaluasi kinerja guru SMPN Satu Atap 5 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMPN Satu Atap 5 Dusun Selatan. Untuk mengetahui pengaruh evaluasi kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa SMPN Satu Atap 5 Dusun Selatan.
Evaluasi kinerja guru SMPN Satu Atap 5 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun berjalan oleh kepala sekolah. Motivasi belajar siswa SMPN Satu Atap 5 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan secara umum telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari keaktifan siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar di kelas, selain itu juga dari hasil ulangan yang semakin membaik. Berdasarkan penelitian yang telah penulis laksanakan ternyata terdapat korelasi yang signifikan antara evaluasi kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa di SMPN Satu Atap 5 Dusun Selatan. Bahwa berdasarkan perhitungan pengaruh evaluasi kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa SMPN Satu Atap 5 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan adalah sebesar 0,703, hal ini berarti bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan dan bernilai positif antara evaluasi kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Ametembun, N. A. 2009 Guru dalam Administrasi Sekolah Pembangunan, FIP IKIP Bandung, Bandung.
Arifin, Zainal. 2010 Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur, Remadja Karya, Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2006 Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Ary, Donald., Jacob, Lucy Cheser., dan Razavieh, Asghar. 2005 Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Terj. Arief Furchan, Usaha Nasional, Surabaya.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2000 Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2009 Penelitian Tindakan Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006 Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Gunawan. 2018 Kompetensi Kinerja Guru Menurut Kurikulum Karakter (K-13), Sefa Bumi Persada, Jakarta.
Hadi, Sutrisno 2004 Metodologi Research 1, Andi Offset, Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. (2008) Kurikulum dan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012) Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru, Badan PSDMP dan PMP, Jakarta.
Mangkunegara, A.P. (2000) Manajemen Sumber Daya Manusia di Perusahaan. Gramedia Pustaka. Jakarta.
Permadi Ade S, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Purwanto, M. Ngalim. (2003) Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sitohang, A. (2007) Manajemen Sumber Daya Manusia. Pradnya Pamamita. Jakarta.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2002 Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya, Bandung.