Implementasi Kurikulum Ismuba Pada Materi Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya

Implementation Of Ismuba Curriculum On Al-Islam And Kemuhammadiyah Learning Materials At Muhammadiyah 1 SMA Palangka Raya

Authors

  • Evan Bastian IAIN Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3561

Keywords:

Implementasi, Kurikulum, ISMUBA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum ISMUBA pada materi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.

Sumber data dan sebagai subjek dalam penelitian ini adalah Kepala SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan Guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.

Implementasi kurikulum ISMUBA pada materi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Pada konteks perencanaan pembelajaran diimplementasikan dengan menyandingkan antara kurikulum nasional dan kurikulum ISMUBA. Sedangkan pada konteks pelaksanaan pembelajaran diimplementasikan secara langsung melalui penyampaian materi yang telah diadakan penyesuaian isi kandungannya dan dalam bentuk kegiatan pembiasaan yang diintegrasikan berupa kegiatan ibadah, hapalan, pengajian dan praktek berorganisasi Muhammadiyah. Sedangkan faktor utama dalam implementasinya ialah guru. Standar guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya bisa dikatakan sudah hampir memenuhi standar guru AIK, yaitu memiliki pemahaman atau berlatar belakang Muhammadiyah, kualifikasi akademik dan profesional juga terpenuhi, namun belum pernah mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi guru AIK seperti pelatihan dan uji kompetensi guru ISMUBA karena sejauh ini belum pernah diadakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Evan Bastian, IAIN Palangkaraya

References

Dokumen Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, 2020.
Fitriyanto, Muhammad Noor dan Chandra Anugrah Putra. 2021. Persyarikatan Muhammadiyah Merespon Perkembangan Teknologi Informasi Dan Revolusi Industri 4.0. Anterior Jurnal. 20:2(50-55).
Hamalik, Oemar, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2017.
Hasan, Hamid, Evaluasi Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
https://kemuhammadiyahan.com/pendidikan-kemuhammadiyahan/ (Online 12 Juni 2021).
Ketentuan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Nomor 100/KTN/I.4/F/2017 tentang Kepegawaian pada Sekolah, Madrasah, dan Pesantren Muhammadiyah.
Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) untuk SMA/SMK Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, 2017.
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, cet. ke 38, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Muhammad, Ahmad, Pengembangan Kurikulum, Bandung: Pustaka Setia, 1998.
Muslimah, Dkk, Cara Mudah Membuat Proposal Penelitian, Palangka Raya: CV. Narasi Nara, 2020.
Nasution, S., Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: PT. Bumi Aksara, 2010.
Pasha, Mustafa Kamal, Muhammadiyah Sebagai Gerakan Tajdid, Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri, 2003.
Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 01/PED/I.0/B/2018 tentang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sejarah SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, https://smamsapky.sch.id/sejarah/, (Online 10 Februari 2021).
SK Pimpinan Pusat Muhammadiyah, No. 138 Tahun 2008 Tentang Pedoman Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah di Lingkungan Muhammadiyah, tanggal 27 Syawal 1429 Hijriyah atau 27 Oktober 2008 Masehi.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D, cet. ke 26, Bandung: Alfabeta, 2017.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Tim Penyusun, Kurikulum ISMUBA Untuk SMA/SMK/MA Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY, 2013.
Tim Penyusun, Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahsa Arab (ISMUBA), Yogyakarta: Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2017.
Tim Penyusun, Petunjuk Teknis (Juknis) Implementasi Kurikulum Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) pada Sekolah/Madrasah Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, 2017.
Tim Penyusun, Standar Isi Kurikulum ISMUBA, Jakarta: Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah, 2007.
Usman, Nurdin, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Bastian, E. (2022). Implementasi Kurikulum Ismuba Pada Materi Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya: Implementation Of Ismuba Curriculum On Al-Islam And Kemuhammadiyah Learning Materials At Muhammadiyah 1 SMA Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 40–48. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3561