Penerapan Metode Pegasdipres Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Application Of The Pegasdipres Method To Increase IPS Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3562Keywords:
Metode Pegasdipres, Hasil Belajar IPSAbstract
Tujuan dari dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-A SMPN 3 Dusun Selatan dalam pembelajaran IPS. PTK ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa maupun guru. Manfaat bagi siswa, yaitu dapat membantu siswa agar lebih mudah dalam memahami materi pelajaran. Sedangkan manfaat bagi guru antara lain dapat memberikan alternatif pilihan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Data hasil observasi pembelajaran dianalisis bersama-sama dengan mitra kolaborasi, kemudian ditafsirkan berdasarkan kajian pustaka dan pengalaman guru peneliti dan guru mitra. Sedangkan hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan ketentuan ketuntasan belajar, yaitu dengan membandingkan nilai yang diperoleh siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam penelitian ini ditetapkan nilai KKM adalah 68. Seorang siswa dinyatakan mencapai KKM jika memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 68.
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan baik pada keaktifan siswa maupun pada nilai hasil belajarnya. Peningkatan keaktifan siswa ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan jumlah siswa yang aktif dalam proses pembelajaran pada tiap-tiap siklus. Sedang peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan terjadinya peningkatan jumlah siswa yang dapat memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 68 atau dapat mencapai KKM, yaitu sebanyak 15 (78,95%) siswa pada siklus I, meningkat menjadi 17 (89,47%) siswa pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal juga telah tercapai, karena jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 89,74%.
Downloads
References
BSNP. 2006. Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran PKn.
Depdiknas. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Elliot, John. 1992. The Action Research Reader. Geelong Victoria: Deakin University.
Jakarta: Ditjen Manajemen Dikdasmen, Depdiknas.
Kemmis, Stephen dan Robin Mc Taggart. 1998. The Action Research Planner, 3rd ed. Victoria: Deakin University.
Pannen, Paulina. Dkk. 1999. Cakrawala Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rina dan Hendri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada SDN-6 Panarung Palangka Raya Kelas IVB Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2:1(21-25).
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subroto, Surya. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Ardi Mahatya.
Sugandi, Achmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.
Surakhmad, Winarno. 2009. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Sutria Ningsih dan Muhammad Jailani. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Kelas VII pada SMP PGRI Tumbang Mirah Kecamatan Katingan Tengah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi. 4:2(1-5).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.