Upaya Meningkatkan Retensi Belajar IPS Materi Interaksi Sosial Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Efforts To Increase IPS Learning Retention Social Interaction Materials Through Jigsaw Learning Model
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian pra siklus ditemukan sebagian siswa Kelas VII-B SMPN 8 Dusun Selatan yang mendapatkan retensi belajar di bawah KKM. Dari jumlah 31 siswa nilai rata-ratanya sebesar 77,42. Siswa yang mendapatkan nilai KKM sebanyak 19 siswa atau 61,29%. Sedangkan yang mendapatkan nilai di bawah nilai KKM sebanyak 12 siswa atau 38,71%. Dari data tersebut, maka guru diharapkan dapat mencari solusi untuk meningkatkan retensi belajar. Di antaranya dengan cara mengubah strategi pembelajaran yang selama ini diterapkan yang berbasis teacher center menjadi students center. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan retensi belajar adalah model pembelajaran jigsaw.
Pelaksanaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPS materi interaksi sosial Kelas VII-B SMPN 8 Dusun Selatan, siklus pertama mengalami kesulitan karena siswa tidak terbiasa menggunakannya. Dengan bimbingan, arahan dan petunjuk guru, maka pelaksanaan model pembelajaran jigsaw pada siklus kedua dapat dilakukan dengan baik dan lancar. Retensi belajar IPS materi interaksi sosial yang diperoleh siswa Kelas VII-B SMPN 8 Dusun Selatan sebelum diadakan tindakan hasilnya kurang. Namun sesudah diberikan tindakan pada siklus pertama dan kedua hasilnya menjadi baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui retensi belajar IPS materi interaksi sosial yang diperoleh siswa Kelas VII-B SMPN 8 Dusun Selatan dengan melaksanakan model pembelajaran jigsaw mulai pra siklus sampai dengan siklus II terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu dari kenaikan nilai rata-rata retensi belajar pra siklus adalah sebesar 77,42 kemudian pada siklus I menjadi 78,13 selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II adalah sebesar 81,71. Sehingga terdapat peningkatan nilai retensi belajar sebesar 0,71 dan 3,58. Dengan demikian retensi belajar IPS materi interaksi sosial yang diperoleh siswa Kelas VII-B SMPN 8 Dusun Selatan mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah dilaksanakan model pembelajaran jigsaw.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Arifin, Zainal. 2010. Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur, Remadja Karya, Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Crow, Lester D. and Crow, Alice. 2006. Human Development and Learning, America Book Company, New York.
Faisal, Sanapiah. 2009. Dasar dan Teknik Penelitian Keilmuan Sosial, Usaha Nasional, Surabaya.
Mardalis, 2006. Metode Penelitian suatu Pendekatan Proposal, Bumi Aksara, Jakarta.
Masnur M, Nur Hasanah, dan Basennang Saliwangi. 2006. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Jemmars, Malang.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Universitas Negeri Malang, Malang.
Putra, Chandra Anugrah dan M Andi Setiawan. 2019. Penerapan model pembelajaran circuit learning berbantuan media power point terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 3:1(1-6).
Setiawan, Iwan. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.