Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Melalui Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Siswa
Increasing The Ability Of Summary Of Fractions Through Images Media On Students' Learning Outcomes And Thinking Ability
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3568Keywords:
Bilangan Pecahan, Hasil Belajar, Kemampuan BerpikirAbstract
Penelitian ini bertujuan 1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumahan bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa, menggunakan media gambar pecahan biasa dan gambar pecahan campuran Asam, 2) Meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumahan bilangan pecahan campuran dengan pecahan biasa, menggunakan media gambar pecahan biasa dan gambar pecahan campuran Asam, 3) Meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumahan bilangan pecahan campuran dengan pecahan campur, menggunakan media gambar pecahan biasa dan gambar pecahan campuran Asam.
Hasil penelitian Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Media Gambar pecahan biasa dan gambar pecahan campuran Asam pada Siswa Kelas V Tewang Rangkang, ini terlihat dari hasil peningkatan 1) Kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa pada penilaian/evaluasi pratindakan nilai rata-rata kelas 54. Sedangkan pada hasil penilaian/evaluasi siklus I nilai rata-rata kelas 57,25 dan hasil penilaian/evaluasi siklus II nilai rata-rata kelas 67,5 2) Kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecahan biasa dengan pecahan campuran pada penilaian/evaluasi pratindakan nilai rata-rata kelas 43. Sedangkan pada hasil penilaian/evaluasi siklus I nilai rata-rata kelas 48,5 dan hasil penilaian/evaluasi siklus II nilai rata-rata kelas 67, 3) Kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecahan campuran dengan pecahan campuran pada penilaian/evaluasi pratindakan nilai rata-rata kelas 39. Sedangkan pada hasil penilaian/evaluasi siklus I nilai rata-rata kelas 46,75 dan hasil penilaian/evaluasi siklus II nilai rata-rata kelas 63,75. Presentase peningkatan hasil penelitian dari penilaian/evaluasi pratindakan ke siklus I pada penjumlahan bilangan pecahan campuran dengan pecahan campuran adalah 38,75%. Presentase peningkatan hasil penelitian dari siklus I ke siklus II pada penjumlahan bilangan pecahan campuran dengan pecahan campuran adalah 85%
Downloads
References
Arsyad. A. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azizah Febriani dan Dedy Setyawan. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika menggunakan Model Make a Match dengan Berbantuan Media Flip Chart Kelas IV SDN-2 Kasongan Baru. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3:2(1-8).
Fleming, 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Gerlach dan Ely, 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Hamalik, Oemar. 2009. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Heinik, dkk, 2004. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Osman, Osdirwan, 2008. Buku Pintar Matematika. Jakarta. Media Pusindo
Sadiman. S. A. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Subandijah, (2005). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Susilo. Joko (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Pustaka Belajar.
Sutomo. (2004). Teknik Penilaian Pendidikan. Mojokerto : PT Bina Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.