Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Jelajah Alam Sekitar

Improve Students' Learning Achievement Through Environmental Cruising Methods

Authors

  • Dormasi Sinaga SMPN 2 PALANGKA RAYA

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3584

Keywords:

Pengendalian Diri, Literasi Ekonomi, , Perilaku Konsumtif

Abstract

PTK ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Perkembangbiakan Tumbuhan melalui Metode Jelajah Alam Sekitar di Kelas IX SMP Negeri 2 Palangka Raya

             Kurangnya minat siswa untuk belajar materi perkembangbiakan tumbuhannampak, bila pembelajaran dilakukan di dalam kelas. Selain juga karena keterbatasan dalam penyajian contoh, siswa juga merasa kurang memahami karena tidak melihat langsung contoh tanaman yang dimaksudkan..

             Saat perbaikan pembelajaran siklus I,. Hasil tes formatif dengan rata-rata 70,44 dari 34 siswa 24 siswa dinyatakan tuntas atau ketuntasan mencapai 70,58%.Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 89,41 dan seluruh siswa dinyatakan tuntas.

             Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan untuk (1) Hendaknya guru SMPN 2 Palangka Raya menggunakan metode belajar Jelajah Alam Sekitar untuk mata pelajaran IPA ataupun dimungkinkan untuk mata pelajaran lainnya, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Pembelajaran di luar kelas membuat siswa tidak jenuh dan lebih memahami materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dormasi Sinaga, SMPN 2 PALANGKA RAYA

References

Marianti, A dan N/E. Kartijono. 2005. Jelajah Alam Sekitar (JAS) Dipresentasikan pada Seminar dan Lokakarya Pengembangan Kurikulum dan Desain Inovasi Pembelajaran. Semarang : Jurusan Biologi FMIPA UNNES
Marianti, A. 2006.. Jelajah Alam Sekitar (JAS( Suatu Pendekatan Dalam Pembelajaran Biologi dan Implementasinya, Bunga Rampai Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Upaya Membelajarkan Biologi Sebagaimana Seharusnya Belajar Biologi. Penyunting A Marianti. Semarang : Jurusan Biologi FMIPA UNNES
Mulyani, Sri.E.S.Prof.Dr. M.Pd, dkk. 2008. Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang : Jurusan Biologi FMIPA UNNES
Ridlo.S, 2005 Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Dipresentasikan pada Seminar dan Lokakarya Pengembangna Kurikulum dan Desain Inovasi Pembelajaran. Semarang : Jurusan Biologi FMIPA UNNES
Setiawan, Muhammad Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Wartono, dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi.Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program Departemen Pendidikan Nasional
Wiriaatmadja, R. Prof.Dr. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Yulisa Septiana dan Muhammad Jailani. 2019. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) pada Kelas X di SMA Negeri 1 Katingan Hilir. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi. 4:2

Downloads

Published

2022-05-27

How to Cite

Sinaga, D. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Jelajah Alam Sekitar: Improve Students’ Learning Achievement Through Environmental Cruising Methods. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 118–121. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3584