Eksistensi Media Sosial KPU Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Mensosialisasikan Pilgub tahun 2020 di Kota Palangka Raya

The Existence Social Media Of General Elections Commision Province Central Kalimantan While Socialization Local Leaders Election 2020 in Palangka Raya City

Authors

  • Ramadhani Rizki Pratama IAIN Palangkaraya
  • Favi Aditya Ikhsan IAIN Palangkaraya
  • Desi Erawati IAIN Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4340

Keywords:

Sosialisasi KPU, Media Sosial, Pemilihan Gubernur

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana keberadaan media sosial KPU Provinsi Kalimantan Tengah dalam mensosialisasikan Pilgub tahun 2020 di Kota Palangka Raya. Pemilihan Gubernur sendiri dilaksanakan sebagai bentuk demokrasi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode yang bersifat Deskriptif Kualitatif, dalam hal ini peneliti ingin menganalisa bagaimana kerja KPU Provinsi Kalimantan Tengah disertai dengan data-data yang digunakan sebagai pendukung analisa tersebut.  

Media sosial saat ini sudah menjadi kebutuhan serta prioritas masyarakat sehingga perlu adanya informasi atau data yang disampaikan dalam hal ini KPU Provinsi Kalimantan Tengah berupaya dalam memanfaatkan hal tersebut terlebih media sosial sangat popular dikalangan anak muda saat ini. Bertepatan dengan Pemilihan Gubernur 2020 dan juga Pandemi Covid-19 maka perlu dilakukan sosialisasi melalui media ini sebagai media baru dalam berkomunikasi. Namun ada sejumlah kendala yaitu sedikitnya interaksi atau komunikasi, faktor kurangnya kesadaran, serta jaringan. Diharapkan pihak KPU Provinsi Kalimantan Tengah bisa memaksimalkan media sosial sebagai salah satu sarana dalam bersosialisasi sekaligus juga untuk berkomunikasi kepada masyarakat langsung terlebih kepada golongan muda yang perlu diberi pesan bagaimana komunikasi politik bisa berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Favi Aditya Ikhsan, IAIN Palangkaraya

Desi Erawati, IAIN Palangkaraya

References

Ardiani, Dwi, Dede Sri Kartini, and Ari Ganjar Herdiansyah. “Strategi Sosialisasi Politik Oleh Kpu Kabupaten Ngawi Untuk Membentuk Pemilih Pemula Yang Cerdas Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 Di Kabupaten Ngawi.” Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education 6, no. 1 (2019): 18–32.

Dasuki, Ira, and Umaimah Wahid. “Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Untuk Membangun Brand Awareness Saat Pandemi Covid-19.” PARAHITA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2020): 47–54.

Endri, Engga Probi, and Kurniawan Prasetyo. “New Media: Instagram @sumbar_rancak as a Means of Promoting Tourism in West Sumatra.” New Media, n.d., 9.

Furqon, Muhammad Ariful, Deny Hermansyah, Rita Sari, Alifian Sukma, Yanuandika Akbar, and Nur Aini Rakhmawati. “Analisis Jenis Posting Media Sosial Pemerintah Daerah Di Indonesia Berdasarkan Like Dan Analisis Sentimental Masyarakat.” Jurnal Sosioteknologi 17, no. 2 (July 11, 2018): 177. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.2.1.

Harahap, Machyudin Agung, and Susri Adeni. “Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia.” Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik 7, no. 2 (2020): 13–23.

Hasfi, Nurul. “Komunikasi Politik Di Era Digital.” POLITIKA 10, no. 1 (2019).

Junawan, Hendra, and Nurdin Laugu. “Eksistensi Media Sosial, Youtube, Instagram Dan WhatsApp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia.” Baitul’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2020, 41–57.

Lazuardi, Rivaldi Izza. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram, Twitter, Dan Facebook Oleh Calon Legislatif Dalam Pengenalan Kepada Pemilih Millenial Di Kota Surabaya Pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019.” PhD Thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2018.

Lia, Octavia. “Sosialisasi Politik Virtual Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Bandar Lampung Tahun 2020 (Studi Pada Pemilih Pemula Melalui Media Sosial Resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung).” PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.

Maulandari, Noor, and H M Uhaib As’ad. “Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pilkada Gubernur Kalimantan Tengah 2020,” n.d., 11.

Mivadila, Melisa, Emeraldy Chatra, and Ria Ariany. “Proses Komunikasi Dalam Sosialisasi Pilgub Sumatera Barat Tahun 2015.” Profetik: Jurnal Komunikasi 11, no. 2 (December 19, 2018): 05. https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1477.

Munandar, Harris, and S. Maman. “Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil Di Media Sosial.” Prosiding HubunganMasyarakat ISSN 2460 (2016): 6510.

Octafitria, Yovita. “Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Politik Pada Kaum Muda.” Indonesian Journal of Sociology and Education Policy 1, no. 1 (2016): 13–34.

Perangin-angin, Loina LK, and Munawaroh Zainal. “Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Bingkai Jejaring Sosial Di Media Sosial.” Jurnal Aspikom 3, no. 4 (2018): 737–54.

Rahmawan, Detta, Jimi Narotama Mahameruaji, and Preciosa Alnashava Janitra. “Potensi Youtube Sebagai Media Edukasi Bagi Anak Muda.” Edulib 8, no. 1 (July 24, 2018): 81. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.11267.

Rahmawati, Misna Muzdalifa. “Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum (Kpu) Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Menggunakan Hak Pilih Pada Pemilihan Umum 2019 Di Kabupaten Nganjuk.” PhD Thesis, IAIN Ponorogo, 2022.

Redhani, Muhammad Erfa, Muhammad Syahrial Fitri, Afif Khalid Khalid, and Hanafi Hanafi. “Sosialisasi Pemilu Kepada Pemuda Guna Menciptakan Pemuda Yang Sadar Pemilu Di Kota Banjarmasin.” Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary 6, no. 1 (2020).

Safiullah, Md, Pramod Pathak, Saumya Singh, and Ankita Anshul. “Social Media as an Upcoming Tool for Political Marketing Effectiveness.” Asia Pacific Management Review 22, no. 1 (March 2017): 10–15. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2016.10.007.

Sakti, Bulan Cahya, and Muchammad Yulianto. “Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja.” Interaksi Online 6, no. 4 (2018): 490–501.

Setiadi, Ahmad. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.” Cakrawala-Jurnal Humaniora 16, no. 2 (2016).

Supit, Gerry Rizky Andrean, and AG Eka Wenats Wuryanta. “Media Sosial Sebagai Media Politik Dalam Pilkada (Studi Kasus Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020),” n.d.

Ulyanisa, Bella Rofi, and Yoga Satrio. “Hambatan Dan Tantangan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020.” JLR - Jurnal Legal Reasoning 3, no. 2 (June 30, 2021): 137–61. https://doi.org/10.35814/jlr.v3i2.2411.

Yuliani, Wiwin. “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling.” Quanta 2, no. 2 (2018): 83–91.

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Pratama, R. R., Ikhsan, F. A., & Erawati, D. (2022). Eksistensi Media Sosial KPU Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Mensosialisasikan Pilgub tahun 2020 di Kota Palangka Raya: The Existence Social Media Of General Elections Commision Province Central Kalimantan While Socialization Local Leaders Election 2020 in Palangka Raya City. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 25–37. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4340